Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Flashdisk rusak atau tidak terbaca? Berikut cara memperbaiki flashdisk yang rusak lewat hp android dan pc dengan mudah.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak - Ketika flashdisk rusak atau tidak terbaca mungkin akan menjadi masalah besar bagi sebagian orang.


Pasalnya flashdisk merupakan alat penyimpanan data yang portable dan mudah dibawa kemana saja, sehingga kapanpun kita memerlukan file tertentu akan selalu siap dibuka melalui flashdisk.


Maka tidak heran, jika banyak yang mengandalkan flashdisk sebagai alat penyimpanan data yang menurut mereka penting.


[ads id="ads1"]


Namun dibalik manfaatnya, flashdisk juga rawan terhadap kerusakan, akan tetapi masalah yang sering dialami seperti flashdisk rusak atau tidak terbaca bisa diatasi.


Untuk tahu lebih lanjut cara memperbaiki flashdisk yang rusak, berikut bang jaka akan berbagi sedikit pengalaman saat mengalami hal tersebut.



Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak di Hp

Flasdisk yang rusak biasanya ditandai dengan flashdisk tidak terbaca oleh sistem operasi, baik itu laptop atau hp dengan koneksi OTG.


Penyebab flashdisk rusak biasanya karena tidak mengeluarkan secara aman, alias cabut paksa dari port USB tanpa melakukan safely remove.


Cabut paksa flashdisk merupakan kebiasaan buruk yang banyak dilakukan, yang tanpa disadari hal tersebut akan berdampak buruk bagi flashdisk itu sendiri.


Sebaiknya lakukan safely remove sesaat sebelum mencabut flasdisk dari perangkat komputer, agar performa flashdisk tidak mudah rusak.


Baca Juga : Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk alert-info



Penyebab Flashdisk Rusak

Berikut beberapa penyebab flashdisk menjadi rusak:

  • Tidak melakukan safely remove
  • Sering mengalami guncangan
  • Menyimpan flashdisk dekat dengan barang elektronik
  • Mengedit file langsung didalam flashdisk
  • Flashdisk terkena virus


Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi flashdisk menjadi rusak. Lantas bagaimana jika flashdisk terlanjur rusak atau tidak terbaca?



Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Jika flashdisk tidak bisa terbaca, eror atau bahkan rusak, jangan langsung menyerah, sebaiknya ikuti cara berikut ini untuk memastikan kondisi flashdisk yang sebenarnya.


Berikut cara memperbaiki flashdisk yang rusak:

  1. Hubungkan flashdisk yang rusak ke Port USB lapto atau pc
  2. Tekan tombol Windows+R untuk membuka Windows Run
  3. Ketik compmgmt.msc lalu tekan Enter
  4. Setelah Computer Management terbuka pilih Stronge
  5. Kemudian pilih Disk Management
  6. Klik kanan pada flashdisk, lalu pilih Create partition
  7. Maka flashdisk berhasil diperbaiki


Itulah tutorial cara memperbaiki flasdisk yang rusak atau tidak terbaca yang bisa dilakukan jika kalian memiliki perangkat koputer atau laptop.


Baca Juga : Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca alert-info



Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak di Hp Anroid

Sebenarnya cara memperbaiki flashdisk yang rusak di hp android atau tidak terbaca bisa dilakukan dengan beberapa langkah yang tepat.


Apabila kalian mengalami flashdisk rusak, eror atau tidak terbaca, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah ada masalah pada flashdisk yang kalian gunakan atau bahkan hp android tidak mendukung koneksi OTG.


Pasalnya hal ini bisa membuat spekulasi terjadi kerusakan pada flashdisk, apabila tidak diketahui penyebab pasti flashdisk tidak terdeteksi atau eror di hp android.



1. Cek Hp Android Support OTG atau Tidak

Untuk mengetahui apakah hp android yang kalian gunakan support fitur OTG atau tidak, bisa menggunakan aplikasi USB OTG Checker.


Berikut cara cek fitur OTG di hp android:

  • Download aplikasi USB OTG Checker
  • Install aplikasi di hp android
  • Jalankan aplikasi tersebut
  • Jika muncul tanda ceklis maka hp support OTG


Setelah memastikan hp support koneksi OTG atau tidak, dan jika hasilnya "mendukung" maka langkah selanjutnya cek kondisi flashdisk untuk mengetahui penyebabnya.



2. Cek Flashdisk Yang Rusak di Hp Android

Sebelum kalian memperbaiki flashdisk yang rusak, tentunya kita harus tau masalah apa yang membuat flashdisk tidak terbaca atau rusak.


Berikut cara cek flashdisk yag rusak di hp android:

  • Install aplikasi OTG Troubleshooter
  • Hubungkan flashdisk ke hp android dengan OTG
  • Jalankan aplikasi OTG Troubleshooter
  • Ikuti perintah yang terdapat pada aplikasi
  • Tunggu sampai proses deteksi flashdisk selesai
  • Jika muncul centang hijau berarti flashdisk tidak rusak
  • Jika terdeteksi masalah pilih untuk informasi lebih detail


Apabila flashdisk terdeteksi terdapat masalah, maka sebaiknya kalian melakukan format pada flashdisk tersebut. Tujuanya untuk mengembalikan pengaturan default atau bahkan menghilangkan virus di flashdisk jika kemungkinan terjadi infeksi.



3. Format Flashdisk di Hp Android

Jika sumber masalah terdapat pada flashdisk, maka cara memperbaiki flashdisk yang rusak di hp android yaitu dengan melakukan format.


Pada kesempatan sebelumnya bang jaka telah membagikan tutorial format flashdisk di hp, kalian bisa simak artikelnya agar lebih jelas.


Baca Juga : Cara Format Flashdisk di Hp Android alert-info



Kesimpulan

Dari pembahasan cara memperbaiki flashdisk yang rusak diatas bisa disimpulkan, bahwasanya kerusakan flashdisk bisa diatasi dengan cara format data. Namun bukan berarti itu merupakan cara satu-satunya.


Pasalnya memperbaiki flashdisk tentunya harus memperhatikan sumber penyebab eror ataupun kerusakan itu sendiri, mengingat penyebab flashdisk rusak sangat beragam.


Mungkin sekian penjelasan kali ini, semoga artikel ini mewakili jawaban yang kalian cari. Jangan lupa share pengalaman kalian di form komentar agar lebih bermanfaat bagi banyak orang.



Dapatkan Jawaban (FAQ)


Biasanya flashdisk yang rusak tiba-tiba disebabkan oleh serangan virus, akan tetapi faktor pemakaian dan perawatan juga berpengaruh.



Tidak semua kerusakan pada flashdis bisa diperbaiki, terlebih kerusakan terdapat pada fisik falshdisk.



Jika flashdisk rusak, proses format mungkin menjadi penanganan awal untuk mengembalikan fungsi flashdisk seperti baru.


Post a Comment

Kritik Lebih Berarti Dibandingkan Spam !