Begini Cara Upgrade OVO Premier Paling Mudah dan Tercepat

Berikut ini cara upgrade OVO premier paling mudah tanpa mengunjungi boot atau kios terdekat, serta berbagai keuntungan dan langkah penggunaanya.

OVO adalah sebuah aplikasi dompet digital yang mendukung sistem pembayaran atau transaksi secara online, untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pembelian atau transaksi perbankan. Selain itu banyak keuntungan menggunakan ovo cash, salah satunya yaitu dalam membeli produk digital seperti pulsa, paket data, token listrik, tagihan air, pembayaran angsuran, bpjs dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, saat kamu pertama kali mendaftar otomatis akunmu masuk kategori ovo club. Sedangkan untuk mendapatkan semua fitur kalian harus upgrade ke premier, lantas apa perbedaan akun ovo club dan premier ?

Perbedaan kedua jenis akun tersebut terdapat pada pembatasan saldo maksimal serta fitur pendukungnya, mari kita bahas lebih jauh perihal perbedaan jenis akun ovo tersebut sebelum memulai cara upgrade ovo ke premier.

Cara Upgrade OVO Premier

Layaknya layanan perbankan pada umumnya terdapat beberapa jenis rekening, akun ovo juga terbagi menjadi 2 (dua) dengan kelebihanya masing masing. Ovo club di ibaratkan sebuah akun yang memiliki pembatasan, berbeda dengan ovo premier yaitu jenis akun premium dengan dukungan fitur lengkap.

Untuk menyederhanakan perbedaan tersebut, mari kita lihat dari segi dukungan fitur dari setiap jenis akun. Mungkin ini akan lebih mudah mengurai dimana letak keunggulan dan kekuraganya ovo club maupun premier.

Perbedaan OVO Club dan Premier

OVO Club

Setiap pengguna baru yang berhasil mendaftar secara otomatis tergolong ke ovo club, karena untuk mendapatkan fitur premium harus mengajukan upgrade ovo ke premier dengan mengirimkan data pribadi seperti foto ktp serta foto selfie memegang kartu tanda penduduk.

Walaupun akunmu belum terupgrade, kalian tetap bisa melakukan transaksi seperti pembelian pulsa maupun belanja di merchant toko online yang mendukung pembayaran ovo. Agar lebih sederhana berikut ini fitur yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan ovo club.

1. Batasan Saldo Maksimal OVO Cash

Pembatasan saldo artinya kamu diperbolehkan menyimpan uang maksimal pada nominal tertentu, sesuai peraturan user ovo club hanya diizinkan mempunyai saldo maksimum Rp 2.000.000 (dua juta rupiah).

Jenis akun dan jumlah ini mungkin sudah cukup untuk mendukung penggunaan konsumtif contohnya berbelanja di tokopedia atau sekedar membayar orderan makanan / driver grab.

2. Tidak Mendukung Fitur Transfer

Tidak tersedianya fitur ini memang menjadi faktor terbesar terkait tindakan user mengupgrade akun mereka, pasalnya kamu tidak bisa melakukan trasfer uang ke sesama pengguna ovo maupun rekening bank.

Jadi bisa disimpulkan ovo club hanya cocok untuk tujuan konsumtif, bagi pelaku bisnis atau untuk tujuan sosial ini jelas  tidak relevan.

3. Fitur OVO Finance Tidak Tersedia

Selain bisa digunakan untuk berbelanja, ovo juga mendukung fitur finance yaitu sebuah layanan untuk mempermudah user mengatur keuangan dalam satu aplikasi. Kamu bisa menyimpan uang sesuai kebutuhan misalnya atur budget untuk makan, transport, health dan lain sebagainya.

Baca Juga:  √ Cara Ganti Pin ATM Permata Di Mesin ATM Anti Gagal

Sayangnya fitur tersebut tidak tersedia jika kamu masih menggunakan ovo club dan hanya tersedia jika akun kalian sudah terverifikasi atau berhasil diupgrade ke ovo premier.

OVO Premier

Ovo premier adalah klasifikasi terkait jenis akun yang memungkinkan user mendapatkan fitur penuh dompet digital terverifikasi. Dengan demikian semua fitur bisa kamu nikmati dari pembatasan saldo yang lebih tinggi hingga bebas transfer kemana saja dan berkesempatan mendapat penawaran promo menarik dari ovo.

Pengguna dapat memanfaatkan seluruh layanan yang tersedia termasuk fitur budget, finance, dan masih banyak lagi. Berikut ini penjelasan lengkap tentang keuntungan upgrade ovo ke premier yang bisa kamu bandingkan dari pembahasan ovo club diatas.

1. Batas Saldo OVO Cash Lebih Tinggi

Akun premium jelas lebih maksimal terkait fitur yang didapat, salah satunya batas saldo ovo cash jauh lebih tinggi yaitu Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah), dengan perhitungan batas nilai transaksi maksimal Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah) dalam satu bulan terakhir.

Jenis transaksi yang dihitung terkait ini ialah aktifits yang bersifat incoming, sebagai contoh pembayaran food / driver grab, pembelian produk digital, dan belanja online.

2. Bebas Transfer Kemana saja

Fitur ini memang sangat memudahkan para pengguna dalam mendukung aktivitas keuangan, user bebas mengirim uang kemanapun tanpa batasan. Tidak terkecuali ke rekening bank konvensional seperti bca, bri, bni, mandiri, btpn dan lainya.

Untuk mengirim uang ke sesama pengguna ovo kamu tidak dibebankan biaya transfer, namun jika ingin mentrasfer ke rekening bank melalui ovo kalian akan di berikan gratis biaya admin dengan jumlah tertentu dan Rp 2.500 untuk biaya normal sesuai kebijakan yang tertera.

3. Support Semua Fitur OVO

Setiap layanan ovo yang powerfull pastinya memerlukan persyaratan khusus, untuk mendapatkanya tentu dengan cara upgrade ovo premier. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan semua fitur premium, berikut contoh fitur selain yag sudah dijelaskan diatas.

  • Finance
  • Paylater
  • Mitra ovo

Namun untuk bisa menikmati fitur pilihan tersebut mungkin membutuhkan pengajuan ulang ataupun seleksi terlebih dahulu, terlebih ovo paylater yang memungkinkan pengguna belanja dengan sistem pembayaran belakangan.

Nah, setelah mengetahui terkait jenis akun, selanjutnya mengenai pembahasan cara upgrade ovo ke premier langkah pertama yang harus dilakukan tentu mendaftar. Kami anggap pada kasus ini kalian sudah mendaftar dan mempunyai akun ovo.

Cara Upgrade OVO

Untuk melakukan proses upgrade akun ada dua cara yang bisa kamu pilih yaitu melalui ovo booth dan dengan cara upgrade online langsung dari aplikasi. Jika di daerahmu terdapat kios ovo, mendatangi langsung adalah cara tercepat. Namun apabila lokasimu tidak terjangkau cara termudah ialah upgrade ovo online.

Baca Juga:  Jumlah Digit Dan Contoh Nomor Rekening BNI yang Valid

Untuk mengetahui bagaimana prosesnya terkait kedua cara diatas, berikut ini langkah – langkah yang harus kamu lakukan sesuai kategori cara yang dipakai.

1. Melalui OVO Booth

Untuk mendukung pengguna dalam melakukan upgrade akun, ovo telah membuka berbagai cabang kios di beberapa daerah, sebelumnya cek lokasi booth terdekat melalui aplikasi ovo.

Setelah sudah memastikan terdapat booth ovo di lokasimu, langkah selanjutnya bawa kartu identitas seperti KTP, silahkan datangi dengan menginformasikan keperluan disertai menunjukan dokumen identitas asli, jika disetujui maka akunmu berhasil terupgrade saat itu juga.

2. Upgrade OVO Online

Menyadari penyebaran kios belum maksimal, akhirnya pihak ovo menyediakan fitur upgrade online yang memungkinkan pengguna melakukan upgrade ovo sendiri tanpa ke booth.

Cara ini memang lebih efektif menjangkau user tanpa membebankan pengguna dengan mengunjungi kios terdekat, mengingat penyebaranya hanya di beberapa kota besar. Berikut ini cara upgrade ovo premier secara online.

a. Buka Aplikasi OVO

buka aplikasi ovo untuk upgrade ke premier

Setelah berhasil membuat akun, buka aplikasi ovo dan pada halaman utama akan ada pilihan yang menghantarkan kamu menuju proses upgrade, lebih jelasnya perhatikan gambar diatas.

Klik pada banner tersebut, selanjutnya pilih mulai untuk melanjutkan. Siapkan dokumen seperti ktp, pada tahap ini penggunaan dokumen seperti sim / kartu pelajar / npwp tidak diperbolehkan, kemudian klik upgrade sekarang dan pilih mulai.

b. Foto KTP dan Selfie

foto selfie ktp untuk upgrade premier

Setelah melewati proses sebelumnya kalian akan diminta mengirimkan foto ktp dan foto selfie memegang ktp. Usahakan kualitas foto terjaga dan bisa dilihat dengan jelas, pasalnya sebagian besar kasus yang ditolak biasanya terlihat buram, gambar dalam posisi gelap, memakai jilbab atau kaca mata. Gambar di atas adalah contoh foto yang kemungkinan besar disetujui.

Intinya dalam mengambil gambar sesederhana mungkin dengan pencahayaan yang cukup namun tidak berlebihan.

c. Kirim Dokumen

kirim dokumen untuk upgrade ovo

Pada Tahap ini kamu harus benar – benar yakin bahwa dokumen bisa dibaca dengan jelas, karena sangat berpengaruh dalam proses seleksi. Proses upgrade biasanya memakan waktu tiga hari setelah permintaan berhasil dikirim.

Jika berhasil diapprove otomatis kamu bisa menggunakan semua fitur yang ada, dan notifikasi email tentang keberhasilan upgrade ovo premier biasanya dikirim ke email kamu sebagai pemberitahuan.

Namun ada beberapa kasus yang mengatakan proses upgrade tidak ada kejelasan pasti setelah menunggu kurang lebih 7 x 24 jam. Jika kamu salah satunya yang mengalami hal ini, simak tips berikut.

Tips Mengatasi Masalah Upgrade OVO ke Premier

Masalah yang sering dialami pengguna saat melakukan upgrade ovo premier yaitu tidak ada tanda – tanda mengenai proses pengajuan mereka, ada pula yang selalu gagal atau ditolak melakukan upgrade.

Baca Juga:  √ 2 Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI Permanen

Sebenarnya apa yang mempengaruhi akun ovo tidak bisa diupgrade ?

Sebelum membahas lebih intensif, ada baiknya cek kembali persyaratan yang diizinkan, pastikan kamu lolos kualifikasi berikut.

  1. Mendaftar menggunakan handphone yang tidak terkait akun ovo sebelumnya
  2. Memakai kartu tanda penduduk asli
  3. Nomor NIK belum pernah terdaftar sebelumnya
  4. Foto KTP tidak terpotong dan jelas dibaca
  5. Masa berlaku KTP masih aktif
  6. Tanda tangan pada kartu tanda penduduk terlihat jelas
  7. Tidak memakai cadar / kerudung / kaca mata yang bisa menonjolkan perbedaan pada dokumen asli

Pastikan kamu memenuhi kualifikasi diatas sebelum mengajukan upgrade ke ovo premier, jika kalian merasa kegagalan itu tanpa alasan yang mendasar, ikuti langka pemecahan masalah seperti dibawah ini.

1. Masuk ke Pusat bantuan

Untuk mengatasi masalah ini kalian memerlukan foto ktp dan selfie sebelumnya, jika tidak tersimpan di galeri silahkan mengambil gambar ulang dengan catatan tersimpan pada handphone yang kamu gunakan.

Foto yang akan dikirim harus berukuran maksimal 1 MB, karena ukuran file yang melebihi batas itu tidak akan bisa dikirim. Cek kembali apakah sudah memenuhi kriteria, apabila file melebihi ukuran yang dianjurkan, sebaiknya perkecil terlebih dahulu.

Mungkin artikel bang jaka tentang cara kompres foto bisa membantu dalam menyelesaikan masalah ukuran file gambar. Setelah dirasa siap ikuti langkah ini

  • Buka aplikasi ovo
  • Masuk ke menu profil
  • Pilih “Pusat Bantuan”
  • Selanjutnya klik “Akun dan Pengaturan”
  • Kemudian pilih “Upgrade ke Premier”

Pada tahap ini kalian akan dibawa ke beberapa pertanyaan (FAQ) yang sering diajukan pengguna, pilih pada pertanyaan “Bagaimana cara saya melakukan upgrade status level ke ovo premier

Setelah dibawa ke halaman jawaban, di bagian bawah layar terdapat tombol “Kirim Laporan” klik pada tombol tersebut.

2. Kirim Laporan

Kirimkan laporan dengan melampirkan teks sesuai keluhan dan beberapa file gambar yang sebelumnya lulus kualifikasi dari segi kualitas dan ukuran. Pengisian kalimat deskripsi bisa kalian isi sesuai contoh berikut ini

Saya sangat kesulitan perihal upgrade ovo club ke premier, sebelumnya saya telah mengajukan namun hasilnya tidak sesuai ekspektasi, saya yakin ini ada sedikit kekeliruan, mohon tinjau dengan seksama mengingat saya ingin sekali menggunakan layanan ovo premier. Atas perhatianya saya ucapkan banyak terimakasih.

Setelah deskripsi terisi dan foto berhasil diunggah, langkah terakhir ialah klik tobol “kirim“, tugas kamu selanjutnya hanya menunggu balasan dari pihak customer service yang akan dikirimkan ke email terdaftar.

Begitulah cara upgrade ovo premier beserta tips mengatasi masalah penolakan yang bisa bang jaka tulis, semoga kalian menemukan titik positif dan segera menikmati fitur premium untuk memulai transaksi online.