Cara membuat makalah yang baik dan benar

Berikut ini cara membuat makalah pendidikan maupun penelitian sesuai struktur makalah. download contoh makalah (pdf) untuk menunjang pembelajaran

Bagi sebagian banyak pelajar smp, sma atau bahkan mahasiswa menulis makalah menjadi ilmu yang harus di pelajari. Tuntutan guru atau dosen biasanya memberi tugas membuat makalah kepada murid / siswa, maka dari itu kamu harus mempelajari cara membuat makalah yang baik dan benar.

Agar tercipta karya yang baik dalam struktur maupun teknik penulisan, kamu perlu tahu apa itu makalah ? dan bagaimana cara membuat makalah ? tanpa kamu tau arti dari ini semua, sudah dipastikan hasil akan berbanding terbalik.

Pada artikel ini dijelaskan pengertian makalah dan cara membuatnya, jadi baca baik - baik mulai dari perkenalan sampai tahap pembuatan stuktur dan cara penulisanya agar menghasilkan karya ilmiah yang baik.

[ads id="ads1"]


Pengertian Makalah

Makalah adalah karya ilmiah yang mangulas suatu perkara serta pembahasannya berlandaskan analisis secara objektif yang ditulis oleh seorang ataupun kelompok. Makalah umumnya dipresentasikan dalam pendidikan atau perkuliahan, seminar, maupun simposium.

Dalam penyusunannya, makalah dirangkai dengan memakai bahasa baku diiringi istilah- istilah keilmuan tergantung bidang ilmu tertentu. Informasi yang digunakan dalam makalah bertabiat empiris- objektif sehingga pemaparannya jauh dari sudut pandang subjektif dari penulisnya ataupun kelompok yang menyusun.

Secara umum makalah terbagi menjadi 3 (tiga) jenis dengan masing - masing karakteristik, yaitu makalah deduktif, induktif, serta kombinasi.
Makalah deduktif merupakan makalah yang ditulis bersumber pada kajian teoritis. Makalah jenis ini mengutamakan analisis dengan memakai bermacam sumber rujukan yang relevan buat menganalisis kasus yang dinaikan.

Makalah induktif. Secara simpel, makalah induktif merupakan makalah yang disusun bersumber pada informasi empiris serta diperoleh dari kajian turun langsung ke lapangan. Informasi yang didapat dari aktivitas riset langsung ke lapangan itu digunakan buat membuat analisis objektif terhadap kasus dalam makalah tersebut. Pemakaian informasi itu wajib dipilah bersumber pada tingkatan relevansinya.

Makalah kombinasi. Definisi dari makalah kombinasi merupakan makalah yang ditulis bersumber pada kajian teoritis sekalian informasi empiris yang didapat dari riset lapangan. Dengan kata lain, makalah tipe ini ialah penggabungan makalah tipe deduktif serta induktif.


Struktur Makalah

Struktur dasar makalah

Setelah kamu mengenali penafsiran serta bermacam kategori makalah, saatnya kalian mulai memahami teknik dasar penyusunan dalam membuat makalah. hal terpenting yaitu struktur makalah, dari situ kamu bisa mengurai bagian terpenting agar menghasilkan makalah yang berkualitas dan mudah dipahami maksud tujuanya.
Susunan dasar makalah umumnya terbagi menjadi 8 (delapan) elemen penting seperti pada contoh berikut.

1. Halaman Muka / Cover

Halaman muka ataupun cover berisikan judul makalah, logo institusi maupun lembaga tempat makalah itu terbuat, nama penulisnya, tempat pembuatan makalah, serta bulan dan tahun pembuatannya. Fungsi dari halaman muka ini adalah bagaikan wajah dari makalah. Jadi, pembaca dapat mengenali topik yang dibahas, lembaga apa yang menerbitkan, siapa penulisnya, serta di mana dan kapan dibuat.

2. Kata Pengantar

Kata pengantar secara umum menjelaskan singkat isi bagian hambatan yang dialami penulis serta ungkapan terima kasih kepada pihak yang sudah berperan dalam menuntaskan makalah tersebut. Ini bisa dikatakan bagian pembuka sebelum memasuki pokok ulasan.

Tulis seperlunya, singkat namun jelas mewakili pertanyaan mengapa dan siapa yang terlibat pada perancangan makalah tersebut. contoh ini mungkin bisa menjadi gambaran cara penulisan kata pengantar pada makalah.

3. Daftar Isi

Tentu kita semua tahu apa fungsi dari daftar isi, secara tidak langsung bagian ini membantu pembaca mengetahui apa saja poin penting pada makalah. Selain itu daftar isi juga memudahkan dalam mencari point tertentu.

4. Kalimat Pendahulu

Pendahuluan ataupun yang biasa diketahui dengan “Bab pertama (1)” yaitu salah satu dari 3 bagian berarti dalam suatu karya ilmiah. Kalimat pendahulu berisikan latar belakang pembuatan makalah, pembahasan yang diambil, tujuan penyusunan makalah, teori yang digunakan, serta sistematika penyusunan makalah tersebut.

Bagian pendahuluan ini sangat berarti sebab ini menarangkan latar belakang kenapa penulis memilah topik kasus selaku ulasan serta tujuan ia menuliskan makalah tersebut. Apabila tidak dipaparkan, orang akan menilai perancanganya tidak mendasar. Jadi, jika kalian mau mengetahui seberapa berarti topik kasus yang dinaikan dalam sesuatu makalah cermati pada bagian pendahuluannya.

5. Pembahasan

Buatlah kalimat yang mendasar terkait topik permasalahan yang kalian bahas, jelaskan bagaimana saran pembahasan yang jelas. Ungkapkan semua yang perlu diungkapkan guna menyelesaikan topik tersebut, ini adalah bagian yang paling penting dalam sebuah makalah. jadi pastikan pembaca mengerti apa maksud dan tujuan dari semua penjelasan yang kamu buat.

Susunlah kalimat pembahasan yang menarik emosi pembaca, ini akan menjadi nilai plus sehingga pembaca benar - benar menganggap ini penting untuk dibahas.

6. Kesimpulan

Jelaskan dengan lebih terbuka tentang kesimpulan terkait topik pembahasan, uraikan apa yang kalian dapati selama proses penelitian di halaman ini. Sehingga pembaca mengetahui kesimpulan dari penulis terkait penelitianya melalui makalah yang telah dibaca.

Kesimpulan yang didapat harus benar - benar yang terbaik, ini akan mengundang apresiasi pembaca terhadap penulis makalah terkait permasalahan topik yang dibahas.

7. Daftar Pustaka

Sehabis 3 bagian berarti tersebut truktur universal makalah berikutnya yaitu daftar pustaka. Bagian ini berisikan bermacam rujukan yang ambil oleh pembuat makalah untuk menganalisis ataupun mengupas topik permasalahn. Cantumkan media rujukan terkait topik pembahasan seperti situs, majalah, wawancara, koran dan lain sebagainya.

Semakin banyak sumber rujukan dalam pembuatan makalah, semakin mendapat apresiasi positif pembaca. Karena menandakan sisi objektifitas dari makalah tersebut. Dengan kata lain, daftar pustaka itu memperlihatkan bahwasanya penulis mangulas topik kasus memakai sudut pandang objektif sebab banyaknya referensi dalam pembahasanya.

8. Lampiran Penutup

Selain terdapat ungkapan penutup, untuk menambah kualitas makalah, sebaiknya sisipkan lampiran file pendukung seperti bukti gambar penelitian, bentuk survei atau kuesioner serta cuplikan data sumber. Sehingga makalah terlihat lebih kredibel dari sudut pandang pembaca.

Hindari kalimat pengulangan topik, bagian penutup murni untuk memberi kesan perpisahan bukan penjelasan. jadi usahakan penjelasan telah selesai pada porsinya masing - masing.


Cara Membuat Makalah


Cara membuat makalah pendidikan

Menulis makalah yang sederhana bisa jadi memanglah tidak sulit. Tetapi, menulis makalah yang disukai pembaca, paling utama untuk dosen serta guru bukan perihal gampang untuk para pelajar. Nah, berikut ini terdapat panduan cara membuat makalah yang gampang serta instan dan dapat kalian coba. Dengan mempraktikkan sebagian panduan instan ini, kalian dapat membuat makalah kalian nampak lebih menarik untuk dibaca.

Dalam membuat sebuah makalah pasti memerlukan penelitian atau wawancara terkait topik yang akan kita bahas. jika pembahasan itu memungkinkan secara online, kamu harus tau cara membuat kuesioner online di google form, karena bisa membantu dalam pengumpulan data.
Berikut ini penjelasan langkah - langkah yang harus dilakukan untuk membuat makalah.

1. Mencari Topik

Mencari topik pembahasan adalah langkah awal pembuatan makalah. Biasanya bagi para siswa / siswi mendapat tugas yang sudah ditentukan topik yang sudah ditentukan, contohnya makalah pendidikkan.

Jika kamu harus mencari secara mandiri lihatlah sekitar, apa yang pantas dibahas dari sekelilingmu. angkat tema yang menurutmu penting untuk orang banyak, itu akan bagus dimata pembaca.

2. Tetapkan Judul Makalah

Kalimat Judul harus diperhitungkan, Buatlah judul yang mewakili isi dengan sesingkat - singkatnya namun jelas diartikan. Hindari penambahan kalimat diluar konteks pembahasan, ini bisa membuat judul tidak sinkron dengan tema.

Judul yang mempunyai daya tarik namun tidak menyipang, akan menambah minat pembaca dan menimbulkan rasa ingin tahu tentang apa yang sebenarnya dibahas. maka dari itu rangkaiah semenarik mungkin.

3. Mencari Referensi

Sumber referensi tentang pembahasan bisa kamu cari di media koran, buku, atau situs internet. Hindari pengambilan rujukan situs internet yang tidak kredibel, karena bisa mempengaruhi nilai ilmiah pada sebuah makalah.

Cari rujukan yang sama dalam pembahasan yang akan kamu angkat, tentunya dengan memperhitungkan kualitas pembahasan dan kredibilitas situs yang akan dijadikan referensi, usahakan cari situs yang profesional seperti ".com" ".co.id" ".org".

Agar makalah kamu berkualitas, kumpulkan sumber referensi sebanyak mungkin, hal ini bisa menambah nilai kualitas topik yang diangkat.

4. Tulis Makalah Sesuai Struktur Dasar

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tentang pengertian makalah dan struktur dasarnya, kamu bisa mulai membuat makalah dengan susunan struktur yang baik. Rangkailah setiap bagian dengan bahasa baku, hindari penggunaan bahasa yang diketahui kalangan tertentu.

Tulislah sesuai fakta yang ada, jangan menambah / mungurangi informasi yang tidak sebenarnya, jika melakukan hal itu, bukan makalah yang kamu tulis, melainkan naskah drama.

5. Revisi Makalah

Sebelum semuanya benar - benar siap, tinjau dan revisi kembali hasil makalah yang kamu buat, terkadang terdapat penulisan yang keliru, maupun menempatan kalimat yang tidak sesuai.

Posisikan dirimu sebagai pembaca terlebih dahulu, apakah dari sudut pandang pembaca pembahasanmu mudah dimengerti ?
Pada kasus ini yang sering terjadi kesalahan pada ejaan kalimat, kamu harus cermat melihat, cari dan perbaiki sebelum makalah siap diserahkan.


Contoh Makalah

Contoh makalah pendidikan dan penelitian

Agar lebih menambah wawasan tentang cara membuat makalah, akan kami berikan beberapa contoh makalah dengan format file pdf dan MWD (microsoft) yang bisa kamu download sebagai pembelajaran lebih lanjut. Semua contoh makalah kami ambil dari situs academia.edu selaku situs referensi yang kredibel.

Contoh yang kami ambil ialah makalah pendidikan (pdf) dan makalah penelitian (word), semoga ini mewakili rencana pembuatan karya ilmiahmu.


Nah, itulah cara membuat makalah dengan struktur yang baik, semoga informasi ini menambah wawasan kamu perihal merancang makalah. jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan melalui from komentar dibawah. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Post a Comment

Kritik Lebih Berarti Dibandingkan Spam !