cara membuat hand sanitizer sendiri

Cegah virus corona dengan cara membuat hand sanitizer sendiri dari bahan alami dirumah adalah cara paling efektif meminimalisir penularan. membuat hand sanitizer gel sederhana  bisa kamu buat dengan mudah, berikut caranya.

Semenjak mewabahnya virus corona berimbas pada kelangkaan sejumlah perlengkapan kesehatan salah satunya masker dan hand sanitizer, kedua barang tersebut berperan penting dalam mencegah penularan dari udara maupun kontak sentuhan langsung.
Data terakhir 21 maret yang dipublikasikan oleh kementerian kesehatan melalui situs resminya infeksiemerging.kemkes.go.id kasus yang positif terinfeksi 450 orang, korban meninggal 38 dan pasien sembuh 20 orang.

[ads id="ads1"]

Untuk meminimalisir resiko penularan kamu di himbau selalu memakai masker dan menjaga kebersihan tangan dengan menggunakan hand sanitizer, tapi sayangnya itu sudah sulit ditemukan di gerai maupun toko sekitar karena banyaknya konsumen yang menyerbu produk tersebut.

Langkah antisipasi dampak kelangkaan hand sanitizer dipasaran yaitu dengan membuat sendiri dengan memanfaatkan bahan - bahan alami yag bisa kita temukan di lingkungan rumah. ini sangat efektif mencegah penularan karena bisa dilakukan tanpa bepergian ke tempat umum dimana banyak sekumpulan orang yang belum dipastikana kesehatanya. Berikut ini bahan yang bisa digunakan dalam pembuata.

1. Lidah buaya

Seperti yang kita tau lidah buaya mempunyai berbagai manfaat yang bisa kita gunakan dalam pembuatan hand sanitizer. Selain berguna sebagai antioksidan alami, lidah buaya juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan iritasi kulit dan masih banyak lagi.

jika digunakan untuk pembuatan hand sanitizer, lidah buaya berfungsi sebagai pelembab sehingga kulit tetap terasa lembut.

2. Minyak kayu putih

Untuk membantu memberi aroma segar, minyak kayu putih bisa digunakan sebagai bahan campuran. kamu juga bisa menggunakan minyak atsiri selain bisa menimbulka aroma fresh, ini juga berguna sebagai anti bakteri.

kayu putih tergolong jenis minyak atsiri, umumnya bisa berperan menjadi anti bakteri, mikroba dan jamur termasuk serai, jeruk dan peppermint.

3. Alkohol

Hand sanitizer dengan kandungan 60 % alkohol lebih efekti membunuh virus atau kuman, ini sudah diakui oleh organisasi kesehatan dunia.
namun alkohol yang disarankan pada tingkat farmasi yang baik digunakan dalam pembuatan hand sanitizer.

Selain mudah didapat, cara membuat hand sanitizer dari ketiga bahan tersebut tergolong mudah karena tidak memerlukan keahlian maupun alat khusus.


Cara Membuat Hand Sanitizer

Desinfektan diperlukan untuk membersihkan tangan dari kemungkinan kontak terhadap objek yang terkontaminasi virus corona, oleh sebab itu hand sanitizer adalah tameng terdepan terhadap perpindahan virus dari objek ke manusia ataupun manusia ke manusia.

Karena penyebaranya sangat cepat, sebaiknya kita memanfaatkan bahan - bahan di sekitar rumah agar dijadikan pembersih tangan. Selain aman dari resiko paparan virus melalui tempat publik, hand sanitizer yang dihasilkan tentu aman digunakan karena menggunakan bahan alami. Inilah cara membuat hand sanitizer sendiri
  • 200 ml (satu gelas) air hasil penyaringan lidah buaya
  • 20 tetes minyak kayu putih
  • 2 sendok makan alkohol
Campurkan ketiga bahan tersebut dan aduk sampai merata sehingga siap digunakan, sehingga meminimalisir pertumbuhan bakteri dan penyebaran virus corona yang semakin meresahkan.
Baca Juga

Post a Comment

Kritik Lebih Berarti Dibandingkan Spam !