√ 10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 2 Juta

Gajian 2 juta cepat habis? Berikut cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta sebulan. Pasti kamu akan lebih tenang!

Mengatur Gaji 2 Juta – Rumus mengatur gaji suami agar bertahan dalam satu bulan memang agak sulit. Terlebih kebutuhan semakin banyak dan harga barang pokok terus naik. Namun sebenarnya ada cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta yang harus kalian coba.

Bukan tidak mungkin dengan gaji 2 juta bisa bertahan satu bulan full tanpa berhutang. Tips semacam ini sangat penting dipelajari bagi seorang ibu rumah tangga. Pasalnya, bisa menjadi kebiasaan baik agar merasakan kestabilan finansial.

Apabila sering merasakan kekurangan dalam segi ekonomi, cobalah belajar mengatur uang. Meskipun nafkah dalam rumah tangga sepenuhnya tanggung jawab suami, akan tetapi tanpa peran istri yang mahir dalam mengatur finansial pasti akan tetap merasakan kekurangan meskipun gaji suami puluhan juta perbulan.

Maka dari itu, agar bisa mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta, para ibu harus lebih belajar tentang finansial.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Gaji 2 Juta

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta bisa dilakukan asalkan kamu melek finansial. Artinya, kamu harus lebih menghargai uang, dan lebih mementingkan kebutuhan dibandingkan keinginan.

Rincian belanja rumah tangga gaji 2 juta sebenarya bisa memenuhi kebutuhan selama satu bulan penuh. Kembali lagi siapa dan bisakah kamu mengaturnya. Maka tidak heran jika banyak yang tanya gaji 2 juta gimana ngaturnya?

Ada juga dengan gaji 2 juta ingin punya rumah, mobil dan sebagainya. Untuk mewujudkan itu semua, mulai dari sekarang dengan membuat tabel tabungan 2 juta yang bisa disisihkan dari uang gaji suami.

Untuk melakukan itu, tentu kamu harus tau rumus mengatur gaji yang baik agar semua impian bisa tercapai meski dalam rentang waktu yang lama. Berikut ini cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta yang bisa kamu lakukan:

Baca Juga:  6 Cara Top Up Gopay Paling Mudah

1. Mencatat Daftar Pemasukan dan Pengeluaran

Jika kamu termasuk orang yang memiliki gaji 2 juta ingin punya rumah, maka langkah pertama yaitu mencatat daftar pemasukan dan pengeluaran setiap bulan.

Hal ini agar keuangan rumah tangga bisa dipantau dengan maksimal. Sehingga kamu bisa mengontrol pengeluaran setiap bulanya dengan mengandalkan data ini.

2. Catat Kebutuhan Bulanan

Setelah kamu membuat catatan atau tabel daftar pemasukan dan pengeluaran, selanjutnya buat daftar kebutuhan bulanan. Catat semua keperluan rumah tangga dalam satu bulan.

Tidak hanya kebutuhan pokok, seperti tagihan listrik, air dan biaya sekolah anak juga harus dicatat. Usahakan semua pengeluaran dalam satu bulan penuh kamu catat disini. Karena ini termasuk rumus atau cara mengatur gaji suami.

3. Biasakan Berhemat

Apabila kamu termasuk orang yang suka menghambur-hamburkan uang untuk keperluan yang tidak terlalu pentin, sebaiknya mulai saat ini belajarlah hidup hemat. Pasalnya ini momen terpenting apabila gaji 2 juta ingin punya rumah sendiri.

Mulai dari yang paling sederhana, misalnya mengurangi belanja online, memesan makanan online, atau hal lainya yang siatnya tidak urgent.

4. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Mungkin ini poin pentingnya, cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta tidak akan berhasil apabila kamu tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan.

Bagi kamu yang mencari rumus mengatur gaji suami, maka pastikan dulu kamu bukan tipe orang yang gampang membeli suatu barang hanya karna menuruti keinginan pribadi. Pasalnya, ini akan sulit sampai kapanpun.

5. Membuat Tabel Tabungan 2 Juta

Membuat tabel tabungan 2 juta dari total dana yang disisihkan setiap bulan itu perlu. Kamu bisa menggunakan tabungan sebagai dana darurat, hal ini memantu apabila terdapat pengeluaran darurat seperti kerusakan kendaraan, sakit dan lain sebagainya.

Baca Juga:  √ Cara Ganti PIN ATM Mandiri Lewat HP Dan Mesin ATM, Mudah Banget!

Lantas bagai mana cara menghemat uang gaji? Tanpa disadari, dengan menerapkan tips sebelumnya, kamu sudah mulai belajar mengatur keuangan rumah tangga yang lebih baik. Dengan begitu, kamu pasti bisa membuat tabungan pribadi sedikit demi sedikit.

6. Tanamkan Hidup Hemat ke Anak

Sebagai orang tua pasti ingin memenuhi semua kebutuhan si buah hati. Cobalah mulai menanamkan hidup hemat sejak dini ke anak. Contohnya jangan selalu menuruti semua keinginanya.

Kamu bisa membuat penolakan dengan halus, ajari anak dengan informasi yang mendidik tentang pentingnya berhemat. Langkah awal yang perlu dilakukan yakni memilah mana yang penting dan tidak bagi si anak.

7. Biasakan Membawa Bekal dari Rumah

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta yaitu dengan membekali suami atau anak dari rumah. Ini bisa meminimalisir pengeluaran bulanan. Tidak hanya itu, membawa bekal dari rumah juga bisa menjaga kesehatan anggota keluarga.

Dengan begitu dana darurat tidak akan terganggu karena hal-hal yang semestinya bisa dicegah, dan bisa menjadi tabungan jangka panjang yang akan membuat kestabilan finansial.

8. Buat Asuransi Kesehatan

Setelah memiliki tabungan atau dana darurat, mungkin perlahan kamu harus mendaftar asuransi kesehatan keluarga. Langkah ini bisa menguatkan posisi finansial kamu saat ini. Dengan begitu, dana darurat tidak akan terancam oleh situasi yng bisa saja terjadi terkait kesehatan.

Tidak heran jika kebanyakan orang kaya pasti memiliki asuransi keluarga, entah itu kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. ini bisa diterapkan sebagai bagian dari cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta.

9. Mulai Berbisnis

Berbisnis tidak musti orang kaya. Usahakan mencari penghasilan tambahan untuk memperkuat keuangan rumah tangga. Bukan tidak mungkin dengan gaji 2 juta ingin punya rumah akan tercapai.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi KeyBCA Ke Lock atau Terblokir Ternyata Mudah dan Murah

Kamu bisa mulai bisnis online untuk ibu rumah tangga, saat ini banyak sekali bisnis rumahan yang tidak memerlukan modal besar atau skill khusus. Hal ini diakibatkan kesetaraan informasi akibat perkembangan teknologi.

10. Jauhi Kartu Kredit

Saat keuangan rumah tangga mulai stabil, jangan sampai terfikir untuk menggunakan kartu kredit. Itu akan menjatuhkanmu dikemudian hari. Pasalnya, menggunakan kartu kredit sangat bertentangan dengan prinsip hidup hemat yang sebelumnya kalian terapkan.

Kartu kredit juga cenderung melatih orang tidak melek finansial. Tentunya hal ini larangan keras jika kamu benar-benar igin menggapai impianmu dan menikmati hidup tanpa beban finansial.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Bagaimana menurut kamu tips atau cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta yang sudah dibahas? Sebenarnya rumus mengatur keuangan rumah tangga tersebut sudah bisa menjawab semua pertanyaan.

Termasuk tips mengatur keuangan agar tidak boros yang biasa kalian cari. Kamu bisa menerapkan beberapa tips diatas, akan tetapi agar lebih spesifik. Berikut cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros:

  1. Catat pemasukan
  2. Tentukan anggaran pengeluaran
  3. Utamakan kebutuhan pokok
  4. Rasio hutang maksimal 30% dari pemasukan
  5. Pisah dana darurat dan investasi
  6. Memiliki asuransi
  7. Hindari pemakaian kartu kredit

Jika kalian mengikuti cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta ini, sudah dipastikan kondisi finansial akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Segera buat perencanaan agar impian gaji 2 juta ingin punya rumah sendiri terealisasi dalam waktu dekat. Yakinkan dirimu bahwa mengatur gaji suami 2 juta perbulan tidak mustahil mencapai semua impian.