Jenis jenis asuransi di indonesia

Tidak hanya asuransi kesehatan, ada berbagai jenis-jenis asuransi di Indonesia beserta fungsinya. Ketahui pula perbedaan di antaranya.

Jenis-jenis Asuransi di Indonesia - Asuransi penting dalam melindungi dirimu dari berbagai risiko dalam kehidupan. Sayangnya, masyarakat hanya mengenal satu jenis-jenis asuransi di Indonesia, yaitu kesehatan.


Padahal secara umum, banyak jenis asuransi yang berkembang di Indonesia. Masing-masing dari mereka memiliki fungsi tersendiri untuk kehidupan. Ada yang berguna memberikan tunjangan ketika hari tua nanti, masa di mana seharusnya hidupmu tenang.


Ada pula yang memberikanmu kemudahan biaya perawatan rumah sakit ketika sedang menderita satu penyakit berbahaya, contohnya adalah kanker.


[ads id="ads1"]


Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia dan Fungsinya

Jenis-jenis asuransi di Indonesia sangat banyak. Setiap dari mereka memiliki kegunaan tersendiri yang mesti kamu ketahui. Maka dari itu, sebelum kamu mulai menggunakan jasa asuransi, sebaiknya pahami apa saja jenis asuransi berdasarkan fungsinya.


Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan, asuransi apa yang paling cocok dan penting untuk investasi jangka panjang dalam kehidupanmu. Berikut jenis-jenis asuransi yang ada di indonesia dan kegunaanya:


1. Asuransi Hari Tua

Asuransi hari tua

Di Indonesia, ada peraturan yang mengharuskan pekerja di usia 60 tahun ke atas pensiun. Otomatis dengan hal tersebut, mereka tidak boleh bekerja sama sekali, walau memberatkan hati.


Biasanya saat pensiun, tidak ada uang yang diterima. Semua bergantung kepada anak maupun istri. Hal ini terjadi apabila kamu tidak mendaftarkan diri ke asuransi hari tua.


Oleh karenanya sebelum pensiun, kamu harus mendaftarkan diri ke asuransi hari tua. Pasalnya, perusahaan asuransi akan memberikanmu tunjangan hari tua. Tentu besarannya sendiri tergantung jumlah iuran. Adapun nominal iuran telah ditetapkan pihak perusahaan.


Baca Juga: Apa itu Asuransi? Inilah Penjelasanya alert-info


2. Asuransi Properti

Asuransi properti

Setiap orang bermimpi untuk memiliki rumah mewah. Tempat di mana setiap penghuni merasa nyaman di dalamnya. Namun rumah sendiri sering mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut tidak jarang merogoh kocek lumayan dalam.


Untuk meminimalisasi biaya keluar, kamu harus punya jenis-jenis asuransi di Indonesia lain, yaitu asuransi properti. Pasalnya dengan hal tersebut, uang perbaikan akan ditanggung perusahaan. Sebagai pemilik nasabah, kamu tidak perlu risau tentang biaya perbaikan, cukup duduk manis dan menikmati hasilnya.


Memang untuk mengklaim asuransi ini agak sulit. Banyak prosedur yang harus kamu tempuh untuk menikmati setiap uang yang ada. Terlepas dari itu, kunci utama adalah membayar tepat waktu agar perusahaan asuransi mempermudahnya.


3. Asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan

Apabila kamu risau tentang pendidikan anak sendiri, kamu bisa mengklaim asuransi pendidikan. Salah satu jenis-jenis asuransi di Indonesia ini pasti memberikan kemudahan dalam setiap pengeluaran untuk sekolah.


Ada beberapa tipe asuransi pendidikan yang bisa kamu ambil. Jika kamu seorang mahasiswa, ambil asuransi untuk dunia kuliah. Tentu besaran iuran tidak terlalu mahal. Itu menyesuaikan dengan kondisi si pemilik nasabah.


Baca Juga: Fungi Asuransi Berdasarkan Jenisnya alert-info


4. Asuransi kendaraan

Asuransi kendaraan

Kendaraan pun harus dilindungi dari risiko terburuk. Itu berguna untuk mengurangi biaya reparasi sewaktu kendaraan mengalami kerusakan.


Atas dasar tersebut diperkenalkanlah jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia terbaru. Jenis tersebut adalah kendaraan.


Sebagaimana disebutkan sebelumnya, fungsi asuransi satu ini melindungi kendaraan dari beragam kerusakan. Kalaupun ada, kamu bisa mengklaimnya langsung. Alhasil, biaya buat perbaikan dapat ditekan sebesar mungkin.


Baca Juga: Prosedur dan Cara Klaim Asuransi alert-info


5. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah tipe asuransi yang melindungi pemilik dari risiko keuangan di bidang kesehatan. Namun tetap ada beberapa jenis jenis asuransi kesehatan di indonesia.


Lebih singkatnya adalah asuransi ini berfungsi untuk meringankan biaya pengobatan si pemilik nasabah apabila mereka sakit di kemudian hari.


Besarannya sendiri tergantung kebijakan perusahaan penyedia. Rata-rata cukup di angka puluhan ribu jika si nasabah mengambil kelas kecil. Apabila si nasabah ambil kelas besar, nominalnya jauh lebih besar lagi.


Biasanya jenis-jenis asuransi kesehatan di Indonesia telah dibayarkan perusahaan secara langsung. Dengan cara memotong beberapa persen dari jumlah gaji yang diterima setiap bulannya.


Kesimpulan

Setelah memahami jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia serta kegunaanya, kamu bisa menunyimpulkan sendiri, Asuransi apa yang saat ini kamu butuhkan.


Dalam hal ini, Asuransi kesehatan merupakan hal mutlak yang harus kamu jaminkan. Pasalnya kesehatan mendudkuki tingkat paling tinggi dalam kehidupan. Dengan begitu, keuanganmu tidak akan terganggu apabila terjadi masalah terkait kesehatan.


Secara otomatis semua biaya perawatan atau pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesaat setelah kamu berhasil mengklaim asuransi yang sebelumnya kamu daftarkan.

Post a Comment

Kritik Lebih Berarti Dibandingkan Spam !