Fungsi Asuransi

Jangan ragu untuk berasuransi. Ketahuilah apa fungsi asuransi berdasarkan jenis - jenisnya secara lengkap berikut untuk meyakinkanmu.

Fungsi Asuransi - Tidak sedikit masyarakat yang enggan mendaftarkan diri sebagai nasabah asuransi suatu perusahaan perbankan. Penyebabnya satu, yaitu sedikit masyarakat yang tahu tentang apa fungsi asuransi sebenarnya.


Padahal kegunaan asuransi bagi kehidupan sangatlah penting. Paling utama adalah melindungi nasabah dari kemungkinan buruk yang akan menimpanya. Misal, kecelakaan mobil, jatuh sampai kebakaran rumah.


[ads id="ads1"]


Selain contoh di atas, masih banyak fungsi asuransi lain yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Setiap fungsi tersebut dibedakan berdasarkan jenis asuransinya. Pembahasan lebih lanjut ada di bawah ini.


Fungsi Asuransi Berdasarkan Jenisnya


1. Fungsi Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang sering ditawarkan oleh perusahaan perbankan. Biasanya tarifnya sangat murah untuk setiap bulan, yaitu beberapa ratus ribu saja. Lantas apa fungsi asuransi jiwa untuk masyarakat?


Secara umum, kegunaan asuransi jiwa itu memberikan perlindungan jiwa kepada seluruh nasabah. Bentuk perlindungannya sendiri berupa uang. Apabila pemilik meninggal, anggota keluarga berhak menikmati uang.


Adapun besaran premi yang cair tergantung dari seberapa besar iuran setiap nasabah. Apabila nasabah menyetorkan uang sampai ratusan ribu, besaran premis tembus di angka 20 juta lebih. Malah ada beberapa perusahaan yang memberikan angka lebih tinggi ketimbang itu.


Baca Juga: Mengenal Asuransi Lebih Dekat alert-info


2. Fungsi Asuransi Kesehatan

Manusia bukanlah robot. Mereka adalah makhluk hidup yang rentan terkena penyakit berbahaya. Oleh karena itu, seorang manusia akan lebih baik menjaga kesehatannya. Jika tidak bisa, daftarkan diri ke perusahaan asuransi terkait.


Sebagaimana namanya, apa fungsi asuransi kesehatan adalah memberikan bantuan dana kepada pasien untuk meringankan pengobatan. Bantuan tersebut bisa diklaim secara langsung asalkan memenuhi syarat.


Di antara syarat-syarat yang ada, kamu harus membayar iuran secara tepat waktu. Jangan sampai pernah kelewat sama sekali. Hal tersebut akan membuat asuransimu tidak bisa diklaim ketika keadaan atau kondisi darurat. Ujung-ujungnya kamu harus merogoh kocek untuk membayar biaya perawatan dan lainnya.


Jenis layanan ini merupakan asuransi yang banyak orang miliki. Untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit bawaan tertentu sangat disarankan untuk memilikinya. Bukan itu saja, hal ini berlaku juga bagi perokok aktif dan penderita obesitas.


3. Fungsi Asuransi Kerugian

Asuransi kerugian adalah salah satu jenis asuransi yang ada di masyarakat. Apa fungsi asuransi kesehatan adalah untuk melindungi barang-barang milik sendiri ketika rusak atau tidak berfungsi. Bentuk perlindungan berupa uang.


Apabila kamu tidak paham terkait penjelasan di atas, coba simak dan pahami dengan seksama contoh kasus berikut ini!


Anggap saja kamu memiliki sebuah mobil. Mobil tersebut berharga sangat mahal mencapai ratusan miliar rupiah. Kebetulan kamu sangat sayang terhadapnya.


Sebagai mobil mahal, tentu harga perbaikannya pun mahal pula. Bisa-bisa tembus di kisaran jutaan rupiah. Tentu itu merupakan angka cukup besar. Dengan besaran ini, seharusnya kamu dapat menggunakan untuk keperluan lain.


Nah supaya biaya perbaikan murah, kamu bisa mengambil asuransi kerugian. Asuransi ini siap memberikanmu uang tambahan ketika kendaraan rusak. Sama seperti contoh sebelumnya, nominal bayaran tergantung dari seberapa besar iuran.


4. Fungsi Asuransi Umum

Seperti namanya, apa fungsi asuransi umum untuk melindungi setiap kerugian yang diderita si pemilik nasabah. Sifat asuransi ini cepat, artinya bisa diklaim selama satu tahun.


Namun untuk mengklaim jenis asuransi satu ini, kamu harus disiplin dalam membayar. Apabila jadwal pembayaran tanggal 10, kamu harus menyetor di hari itu juga. Hal ini untuk mempermudahmu dalam mengambil benefit atau manfaat di dalamnya.


Kesimpulan

Setelah memahami berbagai fungsi Asuransi berdasarkan jenis, mungkin kamu bisa mengambil keputusan, mana jenis Asuransi yang relevan untuk kamu gunakan.


Dalam hal ini, Asuransi kesehatan dan jiwa merupakan hal yg umum, mengingat jaminan kesehatan adalah prioritas bagi semua orang. Selain itu, menjaminkan masa depan anak dengan memberi Asuransi pendidikan juga hal yang sangat penting.


Dengan begit, pendidikan buah hati terjamin sampai mereka mendapatkan kualitas pendidikan yang baik untuk bekal masa depan mereka.

Post a Comment

Kritik Lebih Berarti Dibandingkan Spam !