Distro Linux Ringan Untuk Laptop Ram 2 GB


Distro Linux Ringan - kalau mempunyai laptop dan komputer model lama yang masih menggunakan ram 2 GB dan spesifikasinya masih rendah, Kalau di paksa menggunakan Windows versi terbaru pasti akan terjadi banyak kendala. Mulai dari lag, bahkan bisa tidak nyala sama sekali. Salah satu alternatif ketika ingin kembali menghidupkan laptop lawas Anda dengan distro linux ringan kekinian.


Distro linux yang ringan merupakan sebuah sistem operasi selain Windows dan MAC OS. Linux menjadi sistem operasi yang bisa di gunakan di banyak perangkat. Bahkan distribusi dari linux ini ada banyak dan beragam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

[ads id="ads1"]

Linux merupakan sistem operasi opensource yang memang mempunyai banyak pengembang. Bahkan kebanyakan komunitas bisa membuat sistem operasinya sendiri. Hal ini yang membuat perkembangan linux menjadi semakin banyak dan berbagai macam jenis.


        ​ Kelebihan Distro Linux Ringan


Linux mempunyai banyak kelebihan. Seiring perkembangan teknologi, berbagai distro linux sudah hadir dari berbagai pengembang dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada beberapa keunggulan linux di banding sistem operasi Windows. Di antaranya,


            ​ Distro Linux Lebih Ringan daripada Windows

Linux memang lebih ringan daripada Windows, sistem operasi ini mempunyai installer yang cukup kecil. Bahkan bisa sampai sepertiga nya dari Windows. Walaupun ada beberapa linux yang memang besar seperti Kali Linux, namun kalau dilihat dari kegunaannya tentu sangat sebanding dengan fungsinya.

            ​ Aplikasi dan Software Gratis

Di linux kebanyakan software dan aplikasi bisa install secara gratis. Bahkan untuk sistem operasinya pun juga bisa di install secara gratis. Di setiap distribusi linux yang ada, pasti sudah ada software center atau lebih dikenal dengan toko aplikasi. Untuk berbagai linux yang kebanyakan full coding dan kegiatan terminal, misalnya saja Kali Linux dan Parrot OS, biasanya akan lebih mudah jika menggunakan terminal.


Sangat berbeda dengan windows yang memerlukan crack kalau mau gratis dan menggunakan licensi kalau mau menggunakan yang versi berbayar.

            ​ Lebih Aman

Distro linux menggunakan keamanan ketika akan masuk ke bagian sistem, baik melihat, menambah, menghapus dan menginstall aplikasi. Berbeda dengan Windows yang hanya klik dua kali saja sudah menginstallnya secara default. Kalau di linux akan ada password root yang harus di isikan untuk menvalidasi perintah.

            ​ Tidak Semua Bisa Menggunakan

Linux masih jarang yang menggunakan. Bahkan sistem operasi ini kurang populer di kalangan masayarakat. Oleh karena masih kurang, Anda bisa sangat aman jika menggunakan linux sendirian di rumah maupun di kantor. 


Tidak akan ada yang bisa menggunakan PC maupun laptop Anda kecuali Anda sendiri. Dukungan keamanan yang ada seperti menu login yang menggunakan password dan kalau sudah sampai ke bagian root juga akan di mintai password lagi.

        ​ Kumpulan Distro Linux Ringan


Jika Anda mempunyai komputer dan laptop model lama, sementara kalau menggunakan Windows 10 atau Windows 11 pasti akan lebih lag , bisa menggunakan alternatif linux. Untuk kumpulan distro linux ringan laptop 2 GB bisa dilihat di bawah ini. Silakan pilih sesuai selera.


            ​ Linux Lite

Linux lite merupakan linux yang paling mudah untuk digunakan. Selain versi yang ringan dengan installer 1,5 GB saja, Linux ini mempunyai tampilan dan GUI yang dimudahkan seperti di Windows. Linux lite memang dibuat bagi mereka yang baru memulai belajar linux atau yang baru saja pindah dari sistem operasi jendela.


Konsumsi ramnya juga sangat minim, karena saya juga menggunakan linux ini, di ram 2 GB berjalan mulus dan tidak ada kendala. Bahkan batere bisa menjadi lebih awet. Paket-paket yang ada di dalamnya sudah lengkap. Baik dari browser yang sudah disediakan firefox, office dari libre office yang sudah di install juga beserta font yang ada di microsoft wod. Jadi Anda tidak perlu lagi menginstallnya lewat sudo.


Karena linux ini menggunakan base dari ubuntu, maka kebanyakan aplikasi Ubuntu bisa di install di Linux Lite.  Namun walaupun berbasis ubuntu tapi sudah dirombak dan diminimalkan, sehingga sangat ringan serta bisa berjalan lancar, walaupun di ram 1 GB.

            ​ Xubuntu

Distro linux ringan yang masih turunan ubuntu adalah Xubuntu. Distro linux yang satu ini juga sangat ringan dan cocok digunakan di versi komputer maupun laptop lawas. Berbekal ram 1 GB saja sudah bisa menggunakan tampilan xfce serta berbagai aplikasi kekinian. Sangat kontras ram 1 GB yang hanya menggunakan Windows XP dimana sekarang ini sudah tidak ada dukungan dari vendor.


Kelengkapan dari Xubuntu sudah ada banyak aplikasi yang disertakan didalamnya. Misalnya saja terkait browser sudah ada Firefox, dukungan akan browser bisa menginstall Google Chrome dan Chromium. 


Untuk bagian pengolahan kata dan data sudah terinstall libre office, untuk versi yang 18.04 masih menggunakan abi word dan Gnumeric, namun bisa juga di install libre office versi 6.

            ​ Lubuntu

Installer dari Lubuntu masih ringan dan kurang dari 2 GB. Base distro linux ringan ini di ambil dari Ubuntu. Memang ubuntu mempunyai banyak turunan karena memang linux ini banyak komunitas dan pengembangnya. 


Aplikasi yang disertakan di dalamnya sudah lengkap dan tinggal pakai saja, pengalaman menggunakan distro linux yang satu ini sudah bisa membaca semua driver laptop. Namun ada kendala pada bagian pembacaan bluetooth nya. Tinggal upgrade dan update saja di terminal atau di software updater lalu reboot ulang.

            ​ Puppy Linux

Distro linux paling ringan ya hanya puppy linux. Distro linux yang sangat ringan berlogo anjing ini mempunyai installer yang kurang dari satu GB. Spesifikasi komputer dengan ram di bawah 1 GB saja bisa menggunakan distro linux yang satu ini.


            ​ MX Linux

MX linux menjadi distro linux yang paling populer menurut distro watch. Dari segi tampilan dan dukungan aplikasi, distro linux ringan yang satu ini bisa menjadi rekomendasi jika anda suka dengan desain tampilan linux kekinian.


Dukungan aplikasi standar pekerjaan semacam editing dan pengolahan kata, maupun semua codec audio videonya sudah terinstall dan tanpa kendala. Pembacaan semua driver sudah otomatis dan lancar walaupun di laptop lawas. Namun saya sarankan menggunakan laptop dengan RAM 2 GB, agar ada space saat melakukan multitasking.


Menggunakan distro linux ringan lain juga masih banyak jenisnya seperti linux mint, namun linux di atas memang sudah saya sering gunakan dan sudah saya review sendiri. Enaknya menggunakan linux, proses untuk booting juga menjadi lebih cepat, proses ringan, serta sesuai dengan kegunaan.


Terlebih jika masih mempunyai laptop jenis lama dan masih bagus, sayang kalau tidak dihidupkan, tapi kalau menggunakan Windows yang sekarang pasti tidak kuat. Untuk menggunakan Windows jenis XP pasti juga susah karena sudah tidak ada dukungan lagi. Solusi yang paling tepat adalah menggunakan distro linux ringan yang cocok dengan keinginan Anda.

Post a Comment

Kritik Lebih Berarti Dibandingkan Spam !