√ 4 Penyebab Hp Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Hp sering panas? Awas jangan sampe menyesal ! Inilah penyebab Hp panas dan cara mengatasinya untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Penyebab Hp sering panas – Hp atau disebut juga smartphone sepertinya menjadi barang yang wajib dimiliki. Namun seringkali sebagian orang tidak mengetahui Penyebab HP Panas Dan Cara Mengatasinya apalagi jika sering digunakan.

Benda yang simpel dengan beragam fungsi ini membuatnya sangat membantu aktivitas sehari-hari. Meski begitu, secanggih apapun HP atau smartphone yang dimiliki tetap ada batasnya.

Penggunaan yang berlebihan bisa mengakibatkan panas atau bahkan rusak seketika. Penyebab HP panas sendiri bermacam-macam mulai dari aplikasi hingga kondisi hardwarenya.

Sebagai pengguna, sebaiknya Anda mengetahui penyebab HP panas agar bisa dicegah. Jangan terlalu memaksakan penggunaan HP karena akan berdampak buruk terhadap kondisinya.

Penyebab Hp Panas dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi hp yang sering panas

Secara umum, faktor utama yang sering membuat baterai hp terasa panas yaitu terlalu banyak menjalankan aplikasi sehingga konsumsi baterai akan meningkat.

Namun bukan cuma itu, pasalnya beberapa penyebab lain seperti bisa diakibatkan pengeturan ponsel yang tidak optimal, sehingga secara tidak langsung sistem tidak dapat mengatur efesiensi penggunaan baterai pada ponsel.

Oleh sebab itu, untuk menjaga performa dan umur baterai bisa bertahan lama, berikut bang jaka rangkum beberapa faktor penyebab hp panas dan cara mengatasinya:

Baca Juga:  Cara Logout Gmail Itu Susah, Kata Siapa?

Penyebab Hp Sering Panas

Sebagian besar pengguna smartphone memang harus tau penyebab hp sering panas. Pasalnya, dengan begitu langkah pencegahan bisa dilakukan untuk mengurangi resiko kerusakan baterai.

Maka dari itu, merawat hp dalam kegiatan sehari-hari sangatlah penting dan patut diperhitungkan. Berikut empat penyebab hp panas yang sering dialami pengguna smartphone :

1. Main Game Dalam Waktu Yang Lama

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa penyebab HP cepat panas adalah main game dalam waktu yang lama. Sebagian besar pengguna sudah mengetahuinya, namun karena main game dianggap seru jadi mengabaikan fakta tersebut.

Main game tetap bisa dilakukan dalam batas wajar untuk mengusir rasa bosan saja. Oleh sebab itu, atur sebaik mungkin agar tidak memaksa kinerja ponsel secara berlebih.

2. Pengaturan Yang Tidak Optimal

Setelan pada HP Anda bisa mempengaruhi performa handphone, Setelan HP berdampak terhadap penggunaan jumlah energi.

Mulai dari tingkat kecerahan layar, penggunaan wallpaper animasi dan beberapa fitur lainnya. Semua itu bisa mempengaruhi daya baterai dan beban CPU HP semakin berat, sehingga cepat panas.

3. Melakukan Streaming

Menonton konten streaming di HP bisa menyebabkan HP cepat panas. Meskipun tidak main game, kalau Anda menonton Youtube selama berjam-jam tentu bisa menjadi penyebabnya.

Baca Juga:  √ Cara Membuat Instagram Font Aesthetic, Bikin Bio IG Makin Keren

Konten streaming membutuhkan koneksi internet yang stabil, hal itu membuat ponsel harus memuat data video. Kemudian ponsel juga dituntut untuk bisa menjaga tampilan tetap aktif dalam jangka waktu yang lama.

4. Aplikasi Yang Butuh Update

Salah satu Penyebab HP Panas Dan Cara Mengatasinya adalah aplikasi yang belum diupdate. Aplikasi yang mengalami bug sangat beresiko besar menjadi penyebabnya.

Selain membuat HP menjadi panas, bug bisa menimbulkan masalah terhadap performa aplikasi. Itu sebabnya update aplikasi sangatlah penting dalam memperbaiki bug.

Cara Mengatasi Hp Yang Cepat Panas

Sebaiknya hindari kepanikan yang berlebih jika HP menjadi panas seketika. Lakukan beberapa langkah di bawah ini agar Penyebab HP Panas Dan Cara Mengatasinya mudah didiagnosa.

Berikut beberapa cara mengatasi hp yang cepat panas:

1. Tidak Menggunakan HP Ketika Dicharge

Langkah yang sangat ampuh adalah tidak menggunakan HP ketika dicharge. Bahkan lebih bagusnya lagi matikan paket data internetnya, sehingga proses charge semakin optimal.

Selain tidak menimbulkan efek panas, proses charge akan berlangsung dengan lebih cepat. Pasalnya tidak ada konsumsi daya baterai yang berlebih selama dalam proses pengisian.

2. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Sudah banyak terjadi dimana aplikasi tetap berjalan di latar belakang meskipun tidak digunakan. Tentu saja hal tersebut menyebabkan HP bekerja lebih keras dan menimbulkan panas.

Baca Juga:  √ 4 Cara Screenshot Samsung A21s Dalam Sekejap

Dengan mematikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang, setidaknya bisa meredakan panas dan mengurangi tingkat pemakaian baterainya.

3. Cek Kondisi Baterai

Misalnya kamu sudah memastikan tidak menggunakan HP untuk main game dan nonton streaming, tapi tetap saja panas, jadi apa penyebabnya?

Jika hal ini terjadi sebaiknya cek kondisi baterai dengan teliti. Usia baterai yang terlalu lama lebih rentan untuk terjadinya overheat sehingga Penyebab HP Panas Dan Cara Mengatasinya sudah diketahui.

Segera ganti baterai dengan yang baru agar tidak menimbulkan panas yang berlebih. Kini banyak aplikasi yang berfungsi untuk mengecek kesehatan baterai, salah satunya Current Widget: Battery Monitor.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas terkait penyebab hp panas dan cara mengatasinya, bisa disimpulkan bahwasanya terdapat dua faktor penyebab yaitu pengaturan sistem dan perilaku penggunaan.

Oleh karena itu, sebaiknya kalian selalu menjaga performa hp agar tetap optimal dengan cara mengurangi kebiasaan buruk yang bisa membebani kinerja ponsel.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga kalian mendapatkan informasi yang tepat. Jangan lupa berbagi pengalaman yah di form komentar!