13 Kelebihan Telegram yang Perlu Kamu Tahu !

kelebihan Telegram harus kamu ketahui supaya kamu bisa lebih mengenal berbagai fitur yang ada di aplikasi Telegram

Kelebihan telegram – Jika kamu pengguna baru telegram pastinya kamu belum tahu kelebihan telegram. Telegram, seperti halnya aplikasi chating lainya juga mempunyai fungsi utama yang sama yaitu fitur panggilan dan perpesanan. Namun kamu tahu nggak sih apa saja kelebihan telegram ?

Baru-baru ini memang telegram kebanjiran pengguna baru, ini mungkin karena efek dari kebijakan privasi whatsapp yang di perbaharui. Selain telegram, aplikasi signal pun juga mendapatkan banyak pengguna baru.

Aplikasi telegram di buat oleh kakak beradik Nikolai dan Pavel Durov, sebenarnya aplikasi ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Namun belakangan ini saja baru viral akibat migrasi besar-besaran dari para pengguna whatsapp yang ingin berpindah platform. Saya sendiri saja sudah menggunakan telegram lebih dari dua tahun.

Agar kamu bisa tahu lebih jelas mengenai telegram, kamu harus tahu dulu kelebihan telegram ketimbang aplikasi perpesanan instan lainya.

Kelebihan Telegram yang Sebaiknya Kamu Tahu

kelebihan telegram

Ada 13 kelebihan dari telegram yang perlu kamu tahu agar kamu juga semakin paham dengan semua fitur yang disediakan oleh telegram. Diantaranya, 

1. Panggilan Suara, Panggilan Video dan Pesan Singkat

Seperti halnya aplikasi pesan instan lainya, telegram di dedikasikan untuk perpesanan instan dengan mengandalkan kecepatan. Pada awalnya telegram ini hanya bisa pesan singkat saja. Namun seiring dengan kemajuanya, sekarang sudah bisa menyamai aplikasi yang lain, bahkan bisa lebih populer untuk kedepanya.

Di pesan instan telegram juga ada voice note yang bisa kamu gunakan jika kamu malas mengetik, atau juga video note. Tinggal tekan logo mic di bawah perpesanan dan opsi akan berpindah.

Baca Juga:  √ 5 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Paling Mudah

2. Bisa Membuat Grup dengan Anggota Lebih dari 20 Ribu

kelebihan telegram yang kedua adalah terkait anggota grup yang bisa sampai ribuan.

Dukungan grup pada telegram lebih banyak ketimbang whatsapp, di telegram kamu bisa membuat grup dengan anggota sekitar 20 ribu orang. Selain itu di dalam grup juga bisa menggunakan fitur voice note dan obrolan grup yang jika dinyalakan akan mendukung obrolan ke seluruh anggota grup.

3. Bisa Membuat Chanel dengan Pelanggan Mencapai 200 Ribuan

Ini yang paling unik dari telegram. Di dalam telegram kamu bisa membuat chanel yang bisa di ikuti oleh ratusan ribu pengguna telegram. Channel dengan dukungan banyak pelanggan semacam ini cocok banget jika kamu seorang bisnis man dan digital marketer.

Dengan channel di telegram, kamu bisa memperluas jangkauan pertemanan baik komunitas maupun jual beli di platform digital.

4. Mengirim File Ukuran Besar

Baru telegram yang saya temui untuk hal mengirim file besar. Telegram mampu mengirim file dengan ukuran file lebih dari 1 GB. Ini sangat jarang di temui di aplikasi pesan instan lainya.

Selain itu kamu juga bisa membagikan berbagai macam file ke grup, channel maupun ke kontak telegram secara langsung.

5. Cloud Message

Cloud message ini bisa berfungsi untuk kamu yang secara tak sengaja menghapus telegram mu kemudian login lagi. Pesan yang ada di dalamnya dan file pendukung berupa gambar atau lainya tetap masih ada dan bisa di kembalikan lagi.

6. Emoticon Unik

Emoticon di telegram ada banyak dan bahkan ada ratusan. Emoticon nya pun unik-unik dan bisa bergerak. Kamu bisa mengirimkan emoticon ini ke grup,channel maupun ke berbagai akun telegram teman kamu.

Baca Juga:  7 Cara Download Film di iFlix Gratis Langsung Ke Galeri Hp Atau Laptop

7. Fitur Scretch Message

Scretch message ini bisa menjaga keamanan kamu dalam percakapan, apalagi jika sedang melakukan obrolan yang peting. Jika anda mengaktifkan fitur scretch message ini, maka anda dan lawan bicara anda tidak bisa melakukan screenshoot percakapan.

Selain itu kalau obrolan sudah berakhir maka sesi akan dihapus permanen di kedua belah pihak. Bahkan server dari telegram pun juga tidak akan menyimpan nya di cloud message.

Pesan yang menggunakan scretch message ini akan hancur jika obrolan sudah berakhir.

8. Adanya Fitur Bot Digital

kelebihan telegram yang ke 8 tentunya terkait bot yang tidak ada di platform lain.

Bot digital yang ada di telegram ini ada banyak dan dibuat dengan berbagai fungsi. Misalnya saja seperti anonymous bot yang fungsinya untuk melakukan obrolan agar bisa menyembunyikan privasi.

Banyak juga bot lain misalnya untuk download video youtube, bot download lagu, bot donwload video tiktok tanpa watermark dan masih banyak bot telegram lainya dengan berbagai fungsi.

9. Bisa Digunakan di Berbagai Perangkat

Ini yang paling menarik dari telegram. Telegram ini bisa digunakan diberbagai perangkat dan semua siistem operasi. Baik android, iphone, windows dan linux pun juga bisa menggunakan aplikasi telegram.

Untuk versi web nya pun juga ada dengan mngakses web.telegram.com melalui browser di laptop maupun komputer kamu.

10. Menggunakan Username

Untuk bisa berteman di telegram, tidak hanya menggunakan nomor telepon saja. Bahkan anda bisa menyembunyikanya. Dengan username, anda bisa berteman ke ribuan orang yang ada di telegram tanpa harus membagikan nomor pribadi anda.

Baca Juga:  √ Kelebihan Android 11 Yang Diluncurkan Google

Ini merupakan kelebihan telegram yang paling saya sukai, pasalnya nomor telepon memang menjadi privasi.

11. Pesan Bisa di Hapus Untuk Ke dua Belah Pihak

Jika anda kebetulan salah ketik, anda cukup menghapus dan mencentang pilihan hapus kedua belah pihak dan pesan akan dihapus di tempat anda maupun di lawan bicara anda.

12. Fitur Pengguna Sekitar

Bosen dengan orang – orang yang ada di kontak maupun di grup, anda bisa mencari teman yang ada di sekitar anda. Nyalakan GPS dan anda akan melihat teman di sekitar an anda yang sudah menggunakan telegram.

Kelebihan telegram ini tentunya sangat disambut baik oleh pengguna telegram.

13. Fitur Blokir Kontak yang Terindikasi Spam Yang Lebih Sensitiv

Kelebihan telegram yang terakhir adalah bisa memblokir kontak dan tidak akan bisa lagi melakukan chat dengan anda

Jika ada pengguna yang kebetulan tidak senonoh atau melakukan spam yang tidak wajar. Anda bisa melaporkanya ke administrator telegram yang tentunya responya lebih sensitiv.

Telegram akan memblokir orang tersebut dan akan menguncinya beberapa hari , bahkan beberapa bulan. Orang yang diblokir telegram tidak akan bisa melakukan obrolan pada orang yang tidak ada di kontaknya. Intinya hanya kontak yang sudah mutualan saja yang bisa di ajak ngobrol.

Dari sekian kelebihan telegram ini tentu dapat di simpulkan bahwa telegram sudah menjadi platform yang sudah mempunyai banyak peningkatan fitur, terutama fitur keamanan.

Wajar saja kalau peningkatan pengguna telegram kian hari kian naik, ini bisa dilihat dari tingkat banyaknya unduhan yang ada di toko aplikasi, Misalnya playstore.