Google Terus Berhenti Pada Android



Google Terus Berhenti Pada Android Xiaomi ini saya alami sendiri dan banyak juga yang sudah bertanya dalam beberapa hari terakhir ini. Untuk cara memperbaikinya sebenarnya cukup mudah. Silahkan baca sampai akhir, dan anda akan bisa mengatasinya sendiri.


Google Terus Berhenti Pada Android Xiaomi - Akhir – akhir ini memang sedang marak dengan notifikasi yang ada di android bahwa ada notifikasi terkait Google terus berhenti.


 Ada beberapa hal yang ternyata bisa menjadi pemicu crash pada sistem android. 


Jika Anda mengalami hal yang sama sebaiknya Anda luangkan waktu sejenak dan baca sampai akhir, karena di akhir artikel ini Anda bisa mengatasi masalah Google yang terus berhenti pada android Anda.  Berikut contoh screenshoot nya


Ini bentuknya sebuah notifikasi yang sekitar 5 detik akan muncul secara terus menerus, dan bahkan belum diketahui penyebabnya. Kalau yang saya rasakan di beberapa ponsel dirumah, hanya ponsel xiaomi saja yang mendapatkan problem ini.  


Sangat mengganggu karena terus – terusan muncul, ada opsi laporan bug dan lewati, di klik apapun memang akan hilang, namun hanya beberapa detik saja dan akan muncul kembali. 


Kenapa Google Terus Berhenti ? 


Google Terus Berhenti


Pertanyaan ini memang banyak saya terima, karena tidak sedikit ponsel androidnya mengalami masalah yang sama terkait pemberitahuan sistem aplikasi google ini. Ada beberapa kemungkinan yang bisa mengakibatkan crash pada sistem android ini. Misalnya : 


Perlu Pembaharuan Versi Aplikasi Google Service

[ads id="ads1"]

Secara default memang android ini sudah menjadi milik google, hanya hardwarenya dan beberapa fiturnya saja yang di produksi oleh banyak vendor. Didalam android ada yang namanya Gapps, kalau dalam flashing custom rom biasanya saya gak pakai Gapps ini. Karena ada beberapa memang custom rom android yang belum include Gapps dan harus menginstall nya secara terpisah. 


Gapps adalah google apps, misalnya google service, google play , play store dan aplikasi dari google lainya. 


Biasanya ada beberapa aplikasi Google yang kadang diabaikan penggunanya untuk tidak di update, padahal pemberitahuan di playstore sudah berulangkali di muncul kan untuk Anda perbaharui. 


Jika ponsel android Anda mendapati masalah Google terus berhenti ini, Anda bisa langsung masuk ke playstore dan bisa langsung update semua aplikasi google yang ada. 


Baca Juga : Kalau HP Anda Cepat Panas, Ini Dia Penyebabnya ! alert-info


Jika masih ada masalah dengan kondisi yang sama, Anda bisa langsung lanjut ke step selanjutnya ! 


Hapus Data dan Cache Google Service 


Cara yang kedua untuk mengatasi “ Google Terus Berhenti “ , Anda bisa hapus saja cache aplikasi google nya di pengaturan aplikasi yang ada di ponsel Anda. Untuk caranya bisa Anda simak dibawah ini : 

  1. Masuk ke pengaturan ponsel android Anda. 
  2. Masuk ke aplikasi. 
  3. Cari aplikasi google. 
  4. Hapus cache dan datanya. 


Kemudian restart ponsel Anda, jika masih ada notifikasi “Google Terus Berhenti” lagi, lanjut ke step nomor tiga. 


Reset Ulang Ponsel Anda 


Untuk melakukan reset ulang ponsel, Anda bisa menggunakan fitur reset ponsel android yang ada di pengaturan ponsel Anda masing – masing. Namun sebelumnya cadangkan dulu semua data dan kontak yang ada di ponsel Anda. 


Untuk reset ponsel android, alangkah baiknya Anda melakukan wipe data dan wipe reset langsung dari menu recovery yang ada di ponsel Anda. 


Untuk masuk recovery mode semua android beda, apalagi yang sudah dipasang dengan TWRP. namun kebanyakan Anda bisa melakukan langkahnya dibawah ini : 

  1. Matikan ponsel. 
  2. Tekan power dan vol up (+) atau (-). Jika ponsel android Anda ponsel jenis lama, anda bisa menekan tombol home secara bersamaan sampai masuk ke mode recovery. 
  3. Pilih wipe reset dan pilih oke. 
  4. Pilih wipe cache dan pilih oke. 


Didalam mode recovery ini tidak akan bisa digunakan mode sentuh, Anda bisa menggunakan volume untuk memilih opsi dan tombol power atau home untuk verifikasi opsi. 


Baca Juga : HP Anda Sering Panas ? Awas Bisa Meledak ! Atasi dengan Cara Ini ! alert-info


Kalau menggunakan TWRP versi terbaru , tentu sudah bisa menggunakan mode sentuh. 


Hanya wipe cache dan data saja, jangan di wipe vendor, soalnya kalau Anda klik wipe vendor Anda harus melakukan flashing ulang android Anda. 


Flashing Ulang 


Google Terus Berhenti


Jika 3 cara diatas tidak menghilangkan notifikasi “Google Terus Berhenti “, satu jalan terakhir yang paling bisa Anda lakukan cuma flashing ulang. Anda bisa mendownload firmware terkait dengan jenis ponsel Anda, dan lakukan flashing. 


Jika tidak profesional dalam hal ini dan Anda belum mengerti sistem android, sebaiknya bawa saja ke tukang flashing, daripada handphone Anda bisa softbrick maupun hardbrick yang susah untuk dihidupkan lagi. 


Sekian tips untuk menghilangkan notifikasi “Google Terus Berhenti” di android Anda. 


Jangan lupa di share di media sosial Anda, agar teman Anda juga tahu tentang cara mengatasi notifikasi Google Terus Berhenti. 

Post a Comment

Kritik Lebih Berarti Dibandingkan Spam !