Cara membuat bootable linux di flashdisk dengan android sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, namun masih banyak yang belum tahu cara membuatnya. 

 

Cara Membuat Bootable Linux di Flashdisk dengan Android – Jika Anda mendapati laptop Anda termasuk golongan laptop jadul, Anda bisa menggunakan sistem operasi linux sebagai alternatifnya. Karena memang kalau dipaksa menggunakan windows, laptop Anda akan mengalami banyak kendala baik ngadat maupun lemot, bahkan ngeblank. 


Linux adalah sistem operasi open source dimana sistem operasi komputer yang satu ini memang mempunyai banyak variasi. Linux mempunyai banyak versi turunanya, bahkan sampai ratusan.  

[ads id="ads1"]

Ada beberapa hal yang sangat menarik dari sistem operasi linux. Walaupun linux ini mempunyai sedikit pengguna, bukanya tidak laku, memang linux mempunyai penggunanya tersendiri. 


Secara umum memang kalau beli laptop maupun komputer, rata – rata menggunakan windows. Jarang di temui yang menggunakan linux. 


Varian distro linux ada banyak dan bisa disesuaikan dengan kegunaan. Misalnya untuk desain, untuk kerjaan, untuk programmer dan untuk keamanan jaringan. 


Contoh linux untuk keamanan jaringan, misalnya saja kalilinux,parrot os dan arch linux. 


Namun kita kali ini tidak akan membahas linux yang seberat itu, karena saya yakin jika komputer dan laptop jenis lama juga akan ngadat dan lemot jika dipaksa menggunakan linux diatas. Kalau laptop Anda memang masih menggunakan spesifikasi jadul, Anda bisa menginstall linux ringan, misalnya saja lite os, xubuntu,lubuntu dan puppy linux. 


Apa Sih Keunggulan dari Linux ? 


Jika anda masih belum tahu tentang linux dan baru ingin mengenal linux Anda bisa sedikit lebih berkenalan dengan linux lewat keunggulanya dibawah ini : 

Gratis 


Jika Anda menggunakan linux, maka Anda tidak akan dikenakan biaya apapan. Baik menggunakan sistem operasinya maupun menggunakan semua tools dan software di dalamnya. Di linux tidak ada crack, tidak ada mod maupun aplikasi yang perlu berbayar.  


Baca Juga : Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak dengan Android alert-info


Coba kalau menggunakan windows ? Simpulkan saja sendiri ya ! 


Hampir Tidak Ada Virus 


Bukanya tidak ada, tapi sangat minim sekali karena memang pengguna aktif nya sangat sedikit jika dibandingkan dengan windows dan mac os. Tentu siapa juga kan yang mau bikin susah – susah virus hanya untuk sistem operasi yang penggunanya juga tidak sebanyak windows. 


Selain itu, varianya juga sangat banyak. Sudah saya singgung kan diatas tadi distro linux ada puluhan, bahkan sudah 100 an lebih.


Ada Super User 


Untuk mengakses root sistem, Anda akan di amankan dengan sandi root user, dimana ini akan sangat berguna dari berbagai file yang akan mengakses sistem Anda.  


Bisa Dijalankan Secara Live 


Linux jika di install di usb flashdisk maupun cd, Anda bisa menjalankan nya dengan live sistem. Jadi bisa dicoba dulu sebelum Anda benar – benar menginstall nya ke dalam komputer Anda. 


Itu sedikit tentang kelebihan linux. Jika masih banyak yang kesulitan dengan linux, biasanya karena kendala command line yang merupakan ciri khas linux. Ini merupakan teknik mengetik dan menghafal perintah dasar linux guna mengoperasikan linux itu sendiri. 


Semua linux mempunyai terminal, dimana ini tempat Anda mengetikkan perintah.  


Karena linux bisa di install dengan usb flasdisk, maka cara membuat bootable linux di flashdisk bisa juga dilakukan dengan android. Jadi lebih mudah dalam situasi apapun. 


Cara Membuat Bootable Linux di Flashdisk dengan Android 



Untuk membuat bootable di flashdisk dengan android ini caranya sangat gampang, dan Anda juga nggak perlu susah – susah untuk melakukan root ke android Anda. 


Caranya simak sampai akhir dibawah ini : 

  • Download aplikasi etchdroid yang ada di playstore.
  • Install aplikasinya. 
  • Download file iso linux yang akan Anda install. 
  • Buka aplikasi dan colokkan flasdisk Anda ke android menggunakan otg. 
  • Jika sudah pastikan flashdisknya terbaca. 
  • Ikuti perintahnya sampai selesai, sangat mudah dan sudah ada pentunjuknya. 


Hal yang paling penting untuk Anda ketahui, flashdisk Anda akan dikosongkan, jadi kalau di flashdisk Anda ada banyak data, sebaiknya Anda backup dulu. 


Setelah melakukan bootable linux dengan android, Anda bisa langsung melakukan install linux Anda di laptop Anda. 


Baca Juga : Cara Membersihkan virus Flashdisk Hanya 1 Menit ! alert-info


Masuk ke dalam bios, lalu pilih boot via usb, kemudian install linux yang ada di flashdisk Anda ke laptop maupun komputer Anda. 


Catatan ! 


Jika dalam menginstall ada kendala, biasanya versi linux installer yang ada di bootable dengan spesifikasi laptop yang Anda punya tidak cocok. Misalnya 32 bit, ya Anda harus membuat botable yang 32 bit, begitupun sebaliknya. 


Pokoknya cocokkan dengan spesifikasi laptop Anda. Perhatikan juga ram laptop, jangan sampai Anda menginstall linux yang berat dan tidak sesuai dengan ram laptop Anda. 

Post a Comment

Kritik Lebih Berarti Dibandingkan Spam !