√ Cara Blokir SMS Iklan Pinjaman Online dan Penipuan [Terbaru 2021]

Akhir – akhir ini banyak yang bertanya ke saya tentang bagaimana solusi cara blokir sms iklan pinjaman online dan penipuan yang sering masuk ke nomor pribadi, dan bahkan ada beberapa teman yang sering mendapatkan sms spam ini. Saya jawab saja lewat postingan ini dan mudah – mudahan bisa membantu anda semua agar bisa memblokir sms spam dan iklan.

Cara Blokir SMS Iklan Pinjaman Online dan Penipuan – SMS spam baik itu pinjaman online dan berbagai iklan yang tidak jelas kebenaranya mungki juga sering anda terima di ponsel anda. Dan yang sering jadi pertanyaan bagaimana cara mereka mendapatkan nomor anda?

Tentunya ada banyak cara, untuk itu jangan gunakan nomor dan data diri anda untuk mendaftarkan berbagai aplikasi online yang nggak jelas maupun situs web yang nggak jelas juga. kebanyakan tergiur dengan berbagai situs web dan aplikasi yang bisa menghasilkan uang.

Entah benar atau tidaknya bisa menghasilkan uang, pasti anda akan sering mendapatkan banyak sms ataupun email dari aplikasi maupun situs web yang bersangkutan. Kalau anda mendaftarkan banyak platform ?

Tentu saja anda akan mendapatkan banyak notifikasi juga dari situs terkait baik lewat nomor HP maupun email yang anda daftarkan. Kalau yang model penipuan mereka bisa tahu nomor kita darimana ?

Baca Juga:  5 Game Penghasil Pulsa Tercepat Saat Ini

Kemungkinan bisa mengacak atau dengan software tertentu, atau lewat media sosial anda. Dan kejahatan semacam ini dinamakan social enginering, mungkin akan saya bahas di kesempatan lain.

Saya sendiri juga paling sering mendapatkan banyak sekali sms yang menawarkan pinjaman online dan SMS hadiah yang nggak jelas dan disuruh memasuki alamat web tertentu. Dan saya mempunyai beberapa nomor, kebanyakan sms semacam ini hanya masuk di nomor yang telah lama saya pakai saja, kalau di nomor yang masih baru beberapa bulan, bahkan tidak ada sms spam sama sekali.

Cara Blokir Sms Iklan Pinjaman Online dan Penipuan

Cara Blokir SMS Iklan Pinjaman Online dan Penipuan

Untuk memblokir nomor yang melakukan spam sms baik penawaran pinjaman ataupun iklan dan hadiah, anda bisa menggunakan beberapa cara sederhana di bawah ini.

Cara Blokir SMS Iklan Pinjaman Online dan Penipuan dengan Aplikasi SMS Bawaan Ponsel

Sebenarnya untuk memblokir sms spam dan iklan anda bisa menggunakan aplikasi sms bawaan ponsel anda. Walaupun masing – masing fiturnya berbeda, namun fungsinya sama saja.

Kalau di ponsel lenovo, buka aplikasi sms nya dan buka salah satu sms yang akan anda blokir nomornya. Klik pada bagian nomor, lalu scroll kebawah dan akan terdapat menu blokir di paling bawah. Klik saja blokir, maka nomor tersebut sudah tidak bisa lagi melakukan sms ke nomor anda.

Baca Juga:  √ 3 Cara Mengubah Tulisan (Font) di Instagram Tanpa Aplikasi Apapun

Untuk ponsel yang lain kebanyakan ada di pengaturan sms, buka aplikasi sms dan cari saja menu pengaturan maupun blokir nomor ini. Ada juga yang menerapkan fitur white list dan black list, dimana anda akan lebih mudah membuat daftar nomor yang tidak anda inginkan.

Cara Blokir SMS Iklan Pinjaman Online dan Penipuan dengan Aplikasi Spam Blocker

Kalau ingin menggunakan aplikasi yang ada di playstore juga bisa, anda bisa menemukan banyak aplikasi dengan fungsi sebagai spam blocker. Misalnya saja true caller dan teman – temanya. Aplikasi yang ukuranya cuma beberapa mb saja tentunya tidak akan membuat ponsel anda keberatan dalam menjalankan aplikasi spam blocker ini.

Di dalam aplikasi spam blocker, bisa memblokir sms dengan nomor yang sudah ada di dalam database spammer, atau anda bisa mengkontrol sendiri dengan kata – kata tertentu. Sehingga jika ada sms dengan kata – kata undian, hadiah, pinjaman online ataupun iklan, sms tersebut tidak akan bisa masuk ke ponsel anda.

Baca Juga:  √ 15 Website Penambah Followers Tiktok Yang Paling Aman

Tentu cara ini lebih efektif dalam memfilter sms yang akan masuk ke nomor anda.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Mendapatkan Banyak SMS Iklan Penjaman Online, Hadiah, Maupun Undian?

Cara Blokir SMS Iklan Pinjaman Online dan Penipuan

Selain memblokir nomor , ada beberapa hal lagi yang bisa anda lakukan. Misalnya,

1. Laporkan ke Pihak yang Berwenang

Anda juga bisa melaporkanya ke pihak yang berwenang, Kominfo mempunyai sebuah akun khusus pengaduan terkait sms spam ini di twitter nya @aduanBRTI, dengan layanan ini anda bisa mengadukan sms spam yang masuk ke nomor anda.

Cukup lakukan screen shoot di layar HP yang memuat isi sms spam dan nomornya, kemudian beri keterangan. Semakin banyak yang melaporkan, semakin cepat nomor terkait untuk di blokir.

2. Ganti Nomor

Jika memang sudah parah terkait sms spam, bahkan panggilan teror yang sering mengganggu anda, sebaiknya anda ganti nomor saja. 

Dan sebaiknya setelah ganti ke nomor terbaru, jangan langsung menyebarkan nomor anda di sosial media, lebih baik muat kontak yang penting saja.