√ Cara Reset HP Xiaomi Anti Gagal Meskipun Pemula

Lupa pola atau hp Xiaomi mati ? Inilah cara reset hp Xiaomi memakai kombinasi tombol rahasia yang jarang diketahui.

Cara reset hp Xiaomi – Untuk melakukan hard reset dan factory reset pada perangkat android khususnya xiaomi tidaklah sulit, pasalnya kedua cara tersebut bisa dilakukan langsung tanpa PC.

Xiaomi adalah salah satu pabrikan smartphone asal Cina yang sukses memikat pasar internasional, tak terkecuali di Indonesia.

Menghadirkan smartphone dengan spesifikasi yang mumuni serta desain yang terbilang keren menjadi alasan utama hp Xiaomi laris dipasaran. Ditambah harga yang ditawarkan terbilang murah, membawa Xiaomi semakin banyak dikenal.

Versi yang banyak diminati dari Xiaomi yaitu Redmi 4 / Prime atau Xiaomi Redmi 5a. Mengusung layar 5.0 Inchi dengan dukungan teknologi panel IPS Capacitive Touchscreen, RAM 2 GB dan Processor Octa-Core 1.4 GHz tentunya menciptakan performa maksimal dikelasnya.

Namun seiring gaya pemakaian pengguna bukan tidak mungkin hp Xiaomi akan bermasalah, entah itu bootloop atau mengalami kerusakan lainya. Adapun kasus yang paling sering dialami pengguna smartphone yaitu lupa pola.

Dalam beberapa kasus hal ini memerukan reset hp Xiaomi agar pola bisa terbuka kembali. Ada dua jenis reset yang bisa kalian gunakan jika mengalami hal tersebut yakni factory reset atau hard reset.

Keduanya memiliki resiko masing-masing, jadi sebelum kalian mencoba sebaiknya pahami terlebih dahulu resikonya untuk mencegah hal yang tidak terduga.

Baca Juga:  Mau Tahu Cara Melihat Tipe HP Samsung? Disini Tempatnya!

Perlu diingat, pastikan semua data penting yang tersimpan pada smartphone anda telah di backup terlebih dahulu sebelum melakukan reset.

Cara Reset Hp Xiaomi

Cara reset hp Xiaomi

Banyak faktor yang mempengaruhi sebuah smartphone bisa bermasalah atau bahkan rusak, cara reset hp Xiaomi sendiri hanya ditujukan bagi pengguna yang mengalami masalah ringan. Ringan disini tidak terdapat kerusakan koponen penting yang mengharuskan penanganan khusus.

Restart sendiri lebih cenderung dilakukan apabila mengalami lupa pola, atau sedikit masalah sistem lainya. Namun tidak termasuk bootloop, karena mengatasinya harus memperbarui firmware android yang bisa dilakukan dengan flash dengan bantuan PC.

Apapun alasan kalian untuk melakukan restart hp, pada kesempatan ini bang jaka sedikit berbagi pengalaman tersebut. Mengingat ada dua jenis restart yang bisa dilakukan sendiri tanpa PC, silahkan pilih sesuai kebutuhan kalian.

Cara Factory Reset HP Xiaomi

Factory reset bisa dilakukan apabila smartphone masih bisa digunakan dan tidak mengalami kerusakan khusus, ini juga bisa diterapkan di semua jenis smartphone.

Berikut langkah-langkah cara factory reset hp Xiaomi:

  1. Buka Setelan hp
  2. Selanjutnya pilih Setelan Tambahan
  3. Pilih menu Buat Cadangan & Setel Ulang
  4. Kemudian pilih Reset data pabrik
  5. Pilih Setel Ulang Telepon lalu pilih hapus
  6. Tunggu beberapa saat sampai proses factory reset selesai
  7. Otomatis hp Xiaomi reboot dan tunggu sampai proses selesai
Baca Juga:  √ Cara Membuat Foto Menjadi HD Secara Instant

Pada tahap ini kalian berhasil melakukan factory reset pada hp Xiaomi. Namun di beberapa versi hp mungkin penempatan serta bahasa yang digunakan berbeda.

Cara Hard Reset Hp Xiaomi

Sebelum memutuskan untuk melakukan hard reset di hp Xiaomi, pastikan sisa baterai cukup, setidaknya 60% untuk mencegah kekurangan daya saat proses berlangsung.

Berikut cara hard reset di hp Xiaomi:

  1. Pastikan hp dalam keadaan mati
  2. Selanjutnya tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan
  3. Pilih bahasa yang digunakan pada menu MI recovery
  4. Pilih menu Wipe / Factory reset
  5. Kemudian pilih Wipe All Data, lalu klik Yes
  6. Tunggu hingga proses Hard Reset selesai

Cara ini bisa menjadi solusi ketika kalian lupa pola atau PIN. Namun sering juga digunakan untuk mengatasi masalah kecil lainya.

Resiko Melakukan Reset Hp

Pada dasarnya factory reset atau hard reset sama yaitu menghapus semua data yang telah tersimpan secara menyeluruh. Ini mencangkup file pengguna maupun sistem, entah itu data pengaturan atau data semua aplikasi.

Hanya saja dari kedua jenis reset hp tersebut berbeda tingkat. Factory reset akan menghapus semua data dan mengembalikan setelan pabrik, sedangkan hard reset menghapus semua data tanpa terkecuali.

Baca Juga:  Instan! Ini Dia 7 Aplikasi Mengembalikan Foto Yang Terhapus

Maka dari itu, resiko yang akan dihadapi jika kalian melakukan reset hp Xiaomi tentu akan kehilangan semua file yang sebelumnya tersimpan. Sebaiknya back up sebelum memutuskan cara tersebut, atau kamu akan kehilangan semua momen – momen penting yang mungkin tidak bisa diulang.

Kesimpulan

Cara reset hp xiaomi itu mudah, terbukti dari kalian setelah membaca artikel ini pasti bisa melakukanya. Sebenarnya tutorial diatas bisa digunakan di sebagian besar smartphone berbasis android, dan terbilang cara yang umum dilakukan.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa dipahami dengan jelas. Jangan lupa berbagi pengalaman kalian di form komentar!

Dapatkan Jawaban (FAQ)

Tentu, factory reset akan mengembalikan setelan pabrik pada hp dan otomatis semua data yang tersimpan akan terhapus.

Ketika semua data terhapus tentu settingan keamanan hp juga akan hilang, maka dari itu hard reset bisa digunakan untuk membuka pola hp yang lupa.

Kebanyakan cara reset hp android cenderung sama, maka kemungkinan besar bisa diterapkan disemua tipe hp Xiaomi.