Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan

Jangan panik jika kartu atm tertelan di mensin atm. Berikut ini cara mengatasi atm tertelan dan faktor penyebab kartu terblokir.

Cara mengatasi kartu atm tertelan - Sebagian besar nasabah bank ketika mengalami kartu ATM tertelan tentu merasa panik serta bingung apa yang harus dilakukan, terlebih bagi yang baru pertamakali mengalami hal tersebut.


Sebenarnya masalah tersebut bisa dicegah asalkan tau apa faktor penyebabnya. Namun apabila terlanjur, cara mengatasi kartu atm tertelan sebenarnya sangat mudah.


Sayangnya saat ini banyak informasi yang cenderung menyesatkan, terbukti dengan adanya informasi yang membagikan terkait kode rahasia mengeluarkan atm yang tertelan atau semacamnya.


[ads id="ads1"]


Perlu diketahui, hal semacam itu tidak benar adanya. Langkah yang bisa diambil ketika kartu atm tertelan yaitu mengurus langsung ke kantor cabang terdekat.



Penyebab dan Cara Mengatasi ATM Tertelan

Pada dasarnya penyebab dan cara mengatasi kartu atm tertelan setiap bank sama, baik itu BRI, BCA, BNI, Mandiri atau bank lainya. maka dari itu jika anda mengalami hal tersebut tetaplah tenang dan lakukan proses yang dianjurkan pihak bank.


Lantas bagaimana mengurus kartu atm yang tertelan? Menanggapi hal ini tentu anda harus menghubungi call center atau mengurus langsung ke kantor cabang terdekat perihal pembuatan kartu atm baru.



Penyebab Kartu ATM Tertelan

Sebelum anda mengetahui cara mengatasi kartu atm yang tertelan, sebaikna pahami apa saja yang menjadi penyebab kartu atm tertahan di mesin atm untuk pencegahan dimasa mendatang.


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kartu atm tidak bisa keluar atau tertelan. Pasalnya bukan hanya kelalaian dari nasabah, kesalahan sistem terkadang juga menjadi faktor utama. Berikut ini penyebab kartu atm tertelan:

  • Kesalahan sistem pada mesin atm
  • Salah memasukan PIN berulang-ulang
  • Melakukan transaksi berulang tanpa jeda
  • Terlalu lama tidak ada aktivitas ketika kartu atm di dalam mesin
  • Adanya modus penipuan bermodus ganjal atm



Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan

Langkah awal cara mengatasi kartu atm tertelan memang menghubungi call center bank terkait untuk memblokir kartu atm, hal ini penting untuk mencegah kartu atm berpindah tangan dan disalah gunakan saat anda meningkalkan mesin atm.


Namun anda perlu waspada, pastikan nomor call center yang dihubungi benar. Pasalnya ada potensi anda menjadi target kejahatan bermodus ganjal atm yang menempelkan nomor call center palsu di mesin atm.


Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah cara mengurus kartu atm yang tertelan di mesin atm:



1. Hubungi Call Center Bank

Menghubungi call center bank untuk melakukan pemblokiran sementara. Pastikan nomor call center benar, jangan sampai salah dan terjebak modus penipuan ganjal atm.


Berikut ini daftar nomor call center bank resmi yang ada di Indonesia:

  • Bank BCA: 1500888
  • Bank BRI: 14017 atau 1500017
  • Bank Mandiri: 14000
  • Bank BNI: 1500046
  • Bank Mega: 08041500010
  • Bank BTN: 1500286
  • MyBank: 1500611
  • CIMB Niaga: 14041


Untuk mencegah hal yang tidak di inginkan, hindari bantuan dari orang yang tidak dikenal. Pasalnya itu berpotensi sindikat penipuan.



2. Mengurus di Kantor Cabang Bank Terdekat

Setelah kartu atm berhasil diblokir, proses selanjutnya yaitu mengurus kartu atm yang tertelan melalui kantor cabang terdekat.


Adapun syarat pembuatan kartu atm baru yakni kartu identitas (KTP) sesuai pemilik dan buku tabungan. Selain itu mungkin dikenakan biaya untuk mendapatkan kartu atm baru.



3. Mengisi Formulir Permohonan ATM Baru

Saat mengurus atm yang tertelan, maka customer service akan memberikan formulir permohonan yang harus diisi. Namun sebelumnya, proses verifikasi kepemilikian rekening harus dilakukan.


Biasanya petugas bank akan meminta informasi terkait data diri maupun kronologi serta lokasi mesin atm yang digunakan.


Setelah semua verifikasi dilewati, maka anda berhak mendapatkan kartu atm baru sebagai pengganti kartu atm yang tertelan. Ikuti instruksi petugas untuk membuat PIN atm baru agar bisa digunakan kembali.



Kesimpulan

Dari penjelasan cara mengatasi kartu atm tertelan diatas bisa disimpulkan, selalu waspada namun tenang saat mengalami hal tersebut. Pasalnya sudah banyak modus penipuan yang mengintai anda saat mengalami masalah.


Usahakan selalu meneliti nomor customer service sebelum menghubungi, jangan pernah memberikan nomor PIN atm pada siapapun termasuk petugas bank sekalipun.


Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share pengalaman anda dalam dunai perbankan di form komentar agar lebih berguna bagi kita semua.



Dapatkan Jawaban (FAQ)



Faktor utama penyebab kartu atm tertelan yaitu terlalu lama saat bertransaksi atau terjadi gangguan teknis pada mesin atm.



Saldo pada rekening dijamin aman dengan catatan tidak menjadi korban penipuan.



Langkah-langkah mengatasi kartu atm yang tertelan yaitu memblokir kartu atm dengan menghubungi call center, kemudian mengurus langsung di kantor cabang terdekat.



Biaya yang ditetapkan untuk pembuatan kartu atm baru tergantung masing-masing bank dan bisa berubah setiap saat sesuai kebijakan.


Post a Comment

Kritik Lebih Berarti Dibandingkan Spam !