Cara Mengurus ATM Yang Hilang

Cara mengurus atm hilang atau tertelan ternyata sangat mudah. Untuk pengguna bank BRI, BCA, atau BNI berikut langkah dan syarat serta biayanya.

Cara Mengurus ATM Hilang – Seringkali nasabah bank mengalami kehilangan atm karena berbagai alasan. Entah itu karena keteledoran atau mungkin jatuh saat dala perjalanan.


Siapapun Ketika mengalami hal tersebut pasti merasa khawatir karena kartu atm adalah alat untuk mengakses keuangan yang bisa saja disalah gunakan orang lain.


Sebenarnya saldo atm tetap aman meskipun kartu atm ditemukan orang lain, dengan catatan kerahasiaan pin atm terjaga. Namun langkah baiknya anda harus mengurus atm yang hilang tersebut agar terhindar hal-hal yang tidak diinginkan.


[ads id="ads1"]


Bagi nasabah yang telah mengaktifkan fitur internet banking mungkin bisa langsung memblokir kartu atm yang hilang, Namun bagi anda yang tidak memiliki akses tersebut menghubungi call center adalah langkah terbaik.



Cara Mengurus ATM Hilang

Cara mengurus atm hilang yaitu dengan mendatangi kantor cabang terdekat. Setelah pengajuan, nantinya kartu atm akan diganti dengan yang baru dan secara otomatis atm yang hilang tidak bisa digunakan.


Namun untuk mengajukan kehilangan atm tentunya terdapat syarat serta biaya yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.



Syarat Mengurus ATM Yang Hilang

Sebelum mengurus atm yang hilang ke kantor cabang terdekat, sebaiknya anda mempersiapkan syarat-syarat pengajuan sebagai berikut:

  • Kartu tanda penduduk (KTP)
  • Membawa buku rekening
  • Surat kehilangan dari kepolisian
  • Membayar biaya kartu atm baru
  • Keterangan kronologi kehilangan



Cara Mengurus Kartu ATM Yang Hilang

Setelah syarat sudah terpenuhi, berikut ini langkah-langkah cara mengurus atm yang hilang di kantor cabang terdekat:

  1. Kunjungi kantor polisi terdekat untuk mengajukan surat kehilangan kartu atm sebagai bukti yang sah.

  2. Saat proses mengajukan surat kehilangan kartu atm, maka anda diminta menjelaskan kronologi sebelum atm hilang.

  3. Setelah surat kehilangan berhasil dicetak, kunjungi kantor cabang bank terdekat untuk mulai mengurus atm yang hilang.

  4. Ambil nomor antrian dan tunggu beberapa saat hingga giliran anda mendapatkan pelayanan.

  5. Sampaikan kepada Customer Service terkait tujuan anda yakni kehilangan kartu atm.

  6. Petugas akan meminta persyaratan seperti surat kehilangan, KTP dan buku rekening, serahkan dan tunggu proses selanjutnya.

  7. Setelah disetujui, isi formulir permintaan kartu atm baru yang disediakan pertugas bank.

  8. Jika atm berhasil dibuat, langkah selanjutnya buat PIN atm baru sesuai keinginan dan panduan petugas.

  9. Setelah semua proses berhasil, maka anda diwajibkan membayar biaya ganti kartu atm baru sesuai jenis rekening.



Biaya Ganti Kartu ATM Baru

Seperti yang kita tau, untuk proses penggantian kartu ATM baru akan dikenakan biaya tergantung jenis rekening atau bank yang anda gunakan.


Berikut daftar biaya pergantian kartu atm baru yang ditetapkan oleh beberapa bank:

  • Bank BRI = Rp 15.000
  • Bank BCA = Rp 10.000 - Rp 20.000
  • Bank BNI = Rp 15.000
  • Bank BTN = Rp 15.000
  • Bank Mandiri = Rp 15.000



Kesimpulan

Itulah cara mengurus atm hilang yang bisa anda lakukan, untuk proses dan syaratnya sendiri semua bank bisa dibilang sama. Namun biaya pergantian atm baru bisa saja berubah seiring ketentuan yang berlaku.


Khusus bagi anda yang telah memblokir atm lewat internet banking maupun m-banking sebelum mengurus dikantor bank, sebaiknya sampaikan hal tersebut pada petugas Customer Service.


Mungkin sekian pembahasan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan memberi pandangan yang jelas bagaimana cara mengrus karu atm yang hilang. Jika terdapat pertanyaan jangan ragu buka percakapan di form komentar.



Dapatkan Jawaban (FAQ)



Anda bisa memblokir lewat fitur internet banking atau menghubungi Call Center bank terkait dan memberikan nomor rekening dan nomor NIK.



Mengurus atm yang hilang tidak bisa diwakilkan, pemilik rekening harus hadir langsung saat proses pembuatan kartu atm baru.



Surat keterangan kehilangan atm dari kepolisian adalah syarat wajib yang harus dilampirkan untuk mengurus atm yang hilang.



Biaya pergantian kartu atm yang hilang setiap bank berbeda, mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 20.000 tergantung jenis rekening yang digunakan.


Post a Comment

Kritik Lebih Berarti Dibandingkan Spam !