7 Cara Mengatasi KeyBCA Ke Lock atau Terblokir Ternyata Mudah dan Murah

Cara mengatasi keyBCA ke lock disable atau terblokir, begini cara membuka dan biaya yang harus dibayar untuk aktivasi ulang.

KeyBCA adalah remote password generate yang digunakan untuk  menghasilkan password atau kode keamanan saat melakukan transaksi melalui internet banking BCA (KlikBCA).

Peran KeyBCA yakni sebagai pengamanan ganda untuk bertransaksi. Setiap kode token yang keluar dari KeyBCA akan berbeda setiap saat. Oleh sebab itu transaksi keuangan menggunakan KlikBCA dijamin keamananya.

Meskipun cara menggunakan KeyBCA terbilang mudah, namun tidak jarang sebagian dari nasabah kebingungan walaupun hanya memasukan PIN KeyBCA, dan mengikuti panduan mudah dalam menggunakanya.

Kebingungan tersebut juga berpotensi terjadinya KeyBCA ke Lock dan tidak bisa digunakan. Lantas apa penyebab pasti keyBCA terblokir?

Cara Mengatasi KeyBCA Ke Lock

Sebenarnya banyak faktor penyebab KeyBCA ke lock atau PIN terblokir, maka dari itu jika anda pengguna internet banking BCA dan menggunakanya, sangat penting mengetahui penyebab terjadinya lock disable.

Nah, sebelum mengetahui cara mengatasi KeyBCA ke lock, sebaiknya mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebagai antisipasi terjadinya pemblokiran.

Berikut ini beberapa penyebab KeyBCA ke lock untuk sekedar informasi tips aman menggunakan fitur password authenticator dari bank BCA.

Penyebab KeyBCA Ke Lock

Penyebab KeyBCA ke lock bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu salah PIN berturut-turut sampai batas yang ditentukan. Melakukan transaksi melebihi batas normal juga berpotensi terjadinya pemblokiran KeyBCA.

Bukan cuma itu, terjadinya kontak tombol yang tidak disengaja juga bisa berpengaruh, misalkan menaruh KeyBCA ditempat yang berpotensi guncangan sehingga berpotensi tombol terpencet.

Maka dari itu sebaiknya  simpan ditempat yang aman agar terhindar dari hal-ha yang tidak diinginkan dan berjung pemblokiran.

Syarat Mengganti KeyBCA Yang Ke Lock

Untuk mengatasi KeyBCA ke lock tentu membutuhkan syarat sebagai bukti kepemilikian alat tersebut, hal ini pasti dilakukan petugas bank di setiap kantor cabang guna memvalidasi data rekening. Berikut ini beberapa syarat mengganti KeyBCA:

  • Kartu atm bank BCA
  • Buku tabungan
  • Kartu tanda penduduk (KTP)
  • KeyBCA yang telah terblokir
  • Biaya pergantian alat
Baca Juga:  Dompet Digital Made in Indonesia Yang Harus Kamu Punya

Cara Mengatasi KeyBCA Yang Ke Lock

Untuk mengatasi KeyBCA ke lock atau terblokir anda bisa menghubungi Halo BCA (1500888) untuk mengetahi secara pasti proses pengaktifanya.

Jika KeyBCA sudah tidak bisa diaktifkan ulang, maka mengganti alat KeyBCA adalah solusi terakhir yang bisa anda tempuh.

Namun sebelumnya siapkan semua persyaratan terkait pergantian KeyBCA. Berikut ini langkah-langkah mengatasi KeyBCA ke lock:

  1. Kunjungi kantor bank BCA terdekat.
  2. Ambil nomor antrian Customer Service.
  3. Tunggu beberapa saat hingga mendapat giliran.
  4. Sampaikan tujuan anda terkait KeyBCA ke lock pada CS.
  5. Serahkan syarat penggantian KeyBCA pada Customer.
  6. Isi semua formulir penggantian KeyBCA yang telah disediakan.
  7. Tunggu sampai proses selesai dan KeyBCA baru diberikan.

Setelah KeyBCA yang terblokir sudah diganti dengan yang baru, biasanya anda tidak prlu aktivasi ulang. Pasalnya petugas bank akan sekaligus mengaktifkan pada proses pergantian alat tersebut.

Biaya Mengganti KeyBCA Yang Ke Lock

Selama masih belum melewati masa garansi, penggantian KeyBCA tidak dikenakan biaya. Seperti yang kita tau, bank BCA memberi garansi selama 6 bulan sejak pertama kali KeyBCA diaktifkan.

Namun setelah melewati masa itu akan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000. Garansi hanya berlaku kerusakan normal, bukan karena kelalaian pengguna.

Contoh kerusakan yang tidak termasuk garansi yaitu terblokir karena salah memasukan PIN, kerusakan fisik, atau eror yang diakibatkan kesalahan nasabah.

Setiap nasabah yang berniat mengganti KeyBCA baru yang rusak karena kesalahan sendiri akan dikenakan biaya Rp 50.000 ditambah biaya penggantian KeyBCA sebesar Rp 25.000, sehingga total biaya yaitu Rp 75.000.

Baca Juga:  Jenius BTPN Solusi Cara Membuat Rekening Tanpa ke Bank Bebas Biaya Bulanan

Terkait cara pembayaran, Biaya penggantian dibayar secara langsung. Sedangkan biaya kerusakan bisa dibayar melalui potongan saldo atau langsung sesuai keinginan nasabah.

Cara Mengganti PIN KeyBCA Baru

Setelah berhasil mendapatkan token KeyBCA yang baru, Secara otomatis PIN yang digunakan masih standar. Demi keamanan dalam bertransaksi, sebaiknya anda mengganti PIN KeyBCA dengan yang baru.

Nah, untuk ganti PIN KeyBCA baru silahkan ikuti langkah-langkah penggantian berikut ini:

  1. Tekan tombol power yang berwarna merah untuk menghidupkan KeyBCA.
  2. Masukkan PIN KeyBCA standar yang telah dibuat saat proses penggantian oleh petugas bank BCA.
  3. Setelah muncul kalimat APPLI_, tekan tombol segitiga sampai menampilkan kalimat NEW PIN.
  4. Selanjutnya ketikan enam digit PIN baru sesuai keinginan dan ketikan ulang PIN KeyBCA untuk konfirmasi.
  5. Jika berhasil akan muncul kalimat APPLI_ pada layar. Namun apabila muncul NEW PIN FAILED berarti proses ganti PIN KeyBCA gagal.

Ulangi proses tersebut sampai berhasil jika anda mengalami ke gagalan dalam mengganti PIN KeyBCA

Cara Aktivasi KeyBCA Yang Terblokir

Setelah semuanya berhasil, maka langkah terakhir yaitu aktivasi KeyBCA sebagai pengamanan berlapis agar semua transaksi internet banking BCA terjamin keamananya.

Berikut ini cara aktivasi KeyBCA baru untuk menambah keamanan transaksi keuangan anda menggunakan bank BCA:

  1. Buka situs resmi internet banking BCA di https://ibank.klikbca.com
  2. Login menggunakan akun Klik BCA dengan memasukkan user ID dan PIN yang terdaftar.
  3. Selanjutnya pilih menu “Administrasi” kemudian pilih “Aktvasi KeyBCA”
  4. Kemudian isikan nomor kartu atm (16 digit) dan nomor seri KeyBCA yang bisa ditemukan dibalik token BCA.
  5. Selanjutnya nyalakan KeyBCA dan masukan PIN KeyBCA yang telah anda buat sebelumnya.
  6. Setelah muncul kalimat APPLI pada layar, selanjutnya tekan tombol nomor 1 pada KeyBCA.
  7. Maka secara otomatis respon kde APPLI 1 akan ditampilkan pada Layar KeyBCA, masukan kode tersebut pada KlikBCA.
  8. Setelah memastikan semua form Klik BCA terisi, untuk melanjutkan pilih “Kirim” atau “Send”.
  9. Maka anda berhasil melakukan aktivasi KeyBCA dan bisa menggunakanya untuk mengamankan transaksi keuangan anda.
Baca Juga:  √ Cara Upgrade Gopay Plus Tanpa KTP Pasti Berhasil

Kesimpulan

Fungsi KeyBCA dalam bertransaksi memang sangat penting, mengingat peranya sebagai keamanan ganda pada Klik BCA. Mungkin terkesan rumit, namun yang terpenting keamanan finansial terjamin.

Apabila mengalami masalah terkait KeyBCA terblokir, seperti yang sudah kita bahas, cara mengatasi KeyBCA ke lock itu sangat mudah jika anda benar-benar memahami.

Biaya yang dikeluarkan untuk mengganti KeyBCA yang baru juga terbilang murah. Mungkin saekian pembahasan kali ini, semoga artikel ini menambah wawasan untuk kita semua dalam informasi terkait keuangan dan perbankan.

Dapatkan Jawaban (FAQ)

Untuk mengatasi KeyBCA ke lock bisa meminta bantuan kepada petugas di kantor cabang bank BCA terdekat dengan membawa persyaratan yang ditentukan.

Untuk memastikan proses pemulihan KeyBCA yang ke lock atau terblokir, anda bisa menghubungi Call Center BCA di nomor 1500888 sebelum mendatangi kantor bank.

Untuk penggantian KeyBCA nasabah akan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000 jika tidak terjadi kerusakan lainya.

Secara umum pada saat mengganti KeyBCA yang di lock dengan yang baru sudah diaktifkan oleh petugas bank, hanya saja PIN masih standar dan perlu diganti agar lebih aman.