Cara meminjam uang di akulaku

Butuh pinjaman tanpa syarat? begini cara pinjam uang di akulaku, dalam hitungan menit uang langsung cair tanpa jaminan apapun.

Menggunakan jasa pinjaman online mungkin menjadi solusi ketika tidak ada jalan lain untuk memenuhi kebutuhan yang datang tanpa direncanakan. Dengan adanya aplikasi pinjol seperti akulaku sedikit membawa angin segar bagi kalian yang sedang kebingungan mencari pinjaman uang. Lantas bagaimana cara pinjam uang di akulaku ?


Sebenarnya meminjam uang lewat aplikasi akulaku tidak sulit. Selain prosesnya cepat, juga tidak memerlukan syarat atau jaminan khusus seperti BPKB, NPWP, atau BPJS ketenaga kerjaan. Maka dari itu banyak orang memanfaatkan pinjaman uang berbasis online karena dinilai lebih praktis.


[ads id="ads1"]


Namun sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara pinjam dana cicilan di akulaku, sebaiknya pahami apa saja syarat dan besaran bunga serta fakta sebenarnya dibalik berita yang menakutkan tentang pinjaman online (PinJol).


Pada dasarnya jika kita hendak menggunakan jasa pinjaman uang, baik melalui koperasi maupun online tentu harus disesuaikan dengan kemampuan kita. Hal ini mencegah terjadinya ketidak mampuan dalam membayar tagihan setiap bulanya. Umumnya berita yang beredar tentang jeratan pinjaman online murni disebabkan oleh pengguna itu sendiri. Jadi jika kita memiliki etikad baik dan bertanggung jawab, tidak perlu kawatir menggunakan jasa pinjaman online.



Syarat Meminjam Uang di Akulaku

Ketika akan mengajukan dana cicilan atau pinjaman umumnya membutuhkan syarat khusus misalnya BPKB atau surat berharga lainya sebagai jaminan. Berbeda dengan prosedur pinjaman online seperti halnya akulaku dan aplikasi fintec lainya yang tidak membutuhkan jaminan untuk mencairkan dana, namun tetap memiliki syarat tertentu.


Berikut ini syarat yang harus dipenuhi jika ingin mengajukan pinjaman uang di akulaku :

  • Kartu tanda penduduk yang masih berlaku.
  • Memiliki rekening bank atas nama sendiri.
  • Minimal usia 21 - 60 tahun.
  • Punya penghasilan.


Sebenarnya cara pinjam uang di akulaku tidak memiliki syarat khusus, artinya walaupun tanpa dokumen BPJS atau NPWP bisa mengajukan pinjaman asalkan saat proses pendaftaran informasi data diri diisi selengkap mungkin.



Bunga Pinjaman Uang di Akulaku

Sebelum meminjam uang tentu besaran bunga yang dibebankan harus kita ketahui sebelumnya. Mengingat sistem kredit akulaku adalah pinjaman berjangka pendek, dengan tenor cicilan hitungan minggu atau bulan tergantung jenis pinjaman yang diajukan.


Akulaku sendiri memiliki dua jenis pinjaman tunai yaitu dana cicilan dan KTA asetku. Masing - masing memiliki bunga yang berbeda menyesuaikan tenor yang dipilih.



Bunga Dana Cicilan Akulaku

Menawarkan pinjaman dana maksimal 3 juta sampai 15 juta (tergantung reputasi akun) dengan tenor 3 - 15 bulan. Akulaku menetapkan bunga sebesar 4,08% termasuk biaya admin. Berikut simulasi pinjaman Rp 2.000.000 dana cicil tenor 3 bulan di akulaku.


Keterangan Detail
Jumlah diterima 2.000.000
Cicilan 748.000
Besaran bunga 3.08% / bulan
Biaya admin 20.000
Total bunga 244.000
Total bayar 2.244.000



Bunga KTA Asetku Akulaku

Sementara itu untuk jenis pinjaman tunai KTA asetku yang menawarkan pinjaman maksimal 1,5 juta sampai 3 juta, dengan tenor maksimal 22 hari. Ada banyak biaya yang dibebankan jika menggunakan jenis pinjaman KTA asetku di akulaku dari mulai bunga pinjaman, periode, premi dan biaya admin.


Berikut simulasi beban bunga yang harus dibayar jika menggunakan KTA asetku akulaku.


Pinjaman Bunga+ Total bayar
1.500.000 280.000 1.780.000
1.200.000 222.000 1.422.000
900.000 166.000 1.066.000
600.000 111.000 711.000
300.000 55.000 355.000



Cara Pinjam Uang di Akulaku

Sebelumnya pastikan kalian sudah download aplikasi akulaku dan mendaftar akun sesuai nama asli yang tertera pada kartu identitas. Berikut ini langkah - langkah cara meminjam uang di akulaku :


Cara meminjam uang di akulaku

  • Buka aplikasi akulaku, kemudian pilih menu Keuangan yang terletak pada bagian bawah layar.

  • Selanjutnya pilih salah satu jenis pinjaman tunai yang akan diajukan, terdapat dua pilihan yaitu KTA asetku dan Dana cicil.

  • Tentukan jumlah pinjaman serta tenor pembayaran. Kemudian isi detail informasi rekening penerima dan tujuan terkait pengajuan pinjaman.

  • Teliti kembali detail pinjaman seperti tanggal jatuh tempo dan informasi lainya. Jika dirasa sudah benar klik tombol Ajukan sekarang.

  • Maka pengajuan akan ditinjau selama beberapa menit. Jika disetujui uang otomatis akan dikirim ke rekening atas nama penerima yang sebelumnya didaftarkan.


Dalam beberapa kasus cepatnya proses peninjauan pinjaman sampai uang dikirim kerekening memerlukan waktu paling lama 15 menit. Tapi tidak menutup kemungkinan lebih lama karena akulaku juga memperhitungkan reputasi akun.


Jika kamu sebelumnya sering mengajukan pinjaman di akulaku dan tidak pernah bermasalah terkait keterlambatan pembayaran, maka sudah dipastikan proses peninjauan akan berlangsung cepat. Namun justru sebaliknya bagi kalian yang suka terlambat, mungkin akan memakan waktu sedikit lebih lama, bahkan mengakibatkan pengajuan kamu akan ditolak.



Kelemahan Pinjaman Uang di Akulaku

Bagi pengguna Dana cicil, tidak jarang ketika berhasil meminjam uang di akulaku kita dibuat kaget dengan jadwal pembayaran atau tanggal jatuh tempo yang berbeda dengan informasi pada saat mengajukan pinjaman uang.


Misalnya, proses pengajuan kamu dilakukan pada 15 januari dan jatuh tempo pertama jatuh pada tanggal 17 februari. Kebanyakan kasus setelah uang berhasil dikirim ke rekening, akan ada notifikasi tagihan pertama jatuh di tanggal 17 januari, sontak ini sangat mengagetkan mengingat berbeda dengan informasi yang tercatat sebelumnya.


Namun setelah dikonfirmasi kepada Customer Service akulaku terkait tanggal jatuh tempo pertama yang diajukan atas nama terlapor, mereka mengkonfirmasi pada tanggal 17 februari. Jadi bisa disimpulkan bagi kalian yang mengalami hal tersebut abaikan saja dan bayar tepat pada tanggal yang sudah ditentukan sebelumnya.


Tapi alangkah baiknya jika dibayarkan 5 hari sebelum tanggal jatuh tempo setiap bulanya, karena jika sudah memasuki 4 hari sebelum tanggal pembayaran, hanphone kamu akan selalu berdering dipenuhi panggilan dari pihak akulaku. Hal ini memang baik untuk mengingatkan, namun terkesan mengganggu karena intensitasnya yang terlalu tinggi.



Dapatkan Jawaban ( FAQ )



Untuk meminjam uang di akulaku kamu harus mendaftarkan akun dan melengkapi data profil selengkap mungkin, lalu buka aplikasi akulaku → klik menu kredit → pilih jenis pinjaman → lalu ajukan.



Sebelum bisa mengaktifkan fitur pinjaman Dana cicil akulaku setiap pengguna diwajibkan memasukan data terkait BPJS ketenaga kerjaan.



Untuk mengaktifkan fitur Dana cicil akulaku tanpa BPJS, anda bisa melakukan aktivitas pembelian produk apapun di aplikasi akulaku. Maka secara otomatis fitur tersebut akan terbuka dan bisa digunakan seiring keaktifan akun.



Metode pembayaran tagihan akulaku bisa dilakukan melalui indomaret, alfamart, transfer bank dan internet banking.




Kesimpulan

Dari seua penjelasan terkait cara pinjam uang di akulaku diatas bisa disimpulkan bahwa meminjam uang secara online jauh lebih udah ketimbang mengajukan pinjaman di koperasi atau bank konfensional, pasalnya tidak memerlukan jaminan apapun dan proses pencairanya juga sangat cepat.


Tapi hal ini jangan disalahgunakan karena setiap transaksi yang terjadi diawasi langsung oleh otoritas jasa keuangan (OJK). Akibatnya jika kamu sering bermasalah dengan pinjaman online, kamu juga tidak bisa mengajukan pinjaman di Bank karena riwayat pinjaman kamu sebelumya tercatat di database dinas terkait.


Nah mungkin itu saja yang bisa dibahas kali ini, jika masih ada hal yang ingin disampaikan silahkan ajukan tanya jawab diform komentar agar memberikan manfaat bagi semua orang. Yuk bersama kita berbagi informasi yang berkualitas !

Baca Juga

Post a Comment

Kritik Lebih Berarti Dibandingkan Spam !