Contoh dan Cara Membuat CV Lamaran Kerja Yang Menarik

Pengen tau cara membuat CV lamaran kerja yang menarik ? berikut contoh cv lamaran kerja yang baik dan benar untuk mendaftar pekerjaan.

Curriculum Vitae alias CV yaitu surat atau dokumen utama yang diperlukan dalam melamar kerja. Hanya dengan CV pihak perusahaan bisa menentukan mana pelamar yang layak diterima. Maka dari itu sebelum membuat, pelajari dulu contoh dan cara membuat CV yang menarik agar cepat mendapat pekerjaan.

Umumnya HRD akan membaca surat lamaran kerja yang masuk untuk diseleksi, tapi mungkinkah beliau akan membaca dengan detail satu per satu mengingat kuota tidak sebanding dengan banyaknya CV yang menumpuk di meja ? Terlebih perusahaan yang kamu lamar mempunyai reputasi baik dengan menawarkan gaji dan tunjangan besar, rasanya berat memang.

Faktanya job seeker atau pelamar memang harus tau bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar tapi tetap menarik. Tampilan atau tata letak yang simpel sekilas bisa menarik perhatian mata, maka buatlah semenarik mungkin namun tetap pada kaidah tata bahasa yang sopan. Dengan begitu kemungkinan besar suratmu akan dilirik.

Namun sebelum mulai membuat lamaran kerja ada hal yang lebih penting dan harus kalian ketahui. Sedikitnya ada 3 (tiga) jenis CV yang harus dipahami untuk menghasilkan informasi yang tepat dan sesuai latar belakang si pelamar kerja.

Jenis CV Untuk Melamar Kerja

Umunya pelamar kerja terdiri dari dua jenis yaitu non pengalaman dan profesional. Maka dari itu kamu harus menyesuaikan data apa saja yang akan ditulis. Curriculum Vitae sendiri bisa dibilang sebagai riwayat hidup, tentunya diisi sesuai data tanpa rekayasa sedikitpun.

Berikut ini informasi CV yang harus dicantumkan pada surat lamaran kerja sesuai jenis atau kategori pelamar.

1. CV Non Pengalaman (Lulusan SMA & SMK)

Bagi kalian yang baru saja menyelesaikan pendidikan akhir SMA atau SMK dan ingin mencari pengalaman kerja pertamamu, berikut informasi yang harus dicantumkan pada CV lamaran kerja.

  • Data diri
  • Riwayat Pendidikan
  • Prestasi / Penghargaan
  • Pengalaman keikut sertaan organisasi sekolah
  • Nilai akhir
  • Referensi
Baca Juga:  8 Contoh Proposal Bisnis Terbaik Yang Layak Ditiru

2. CV Fresh Graduate

jenis CV berikutnya yang diperuntukan untuk lulusan perguruan tinggi. Pada tingkat ini tentu memungkinkan sipelamar memiliki pengalaman magang atau skill khusus. berikut informasi yang harus dicantumkan.

  • Data diri
  • Riwayat pendidikan
  • Pengalaman Magang
  • Pengalaman organisasi yang diikuti
  • Prestasi atau penghargaan
  • IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)
  • Karya ilmiah
  • Keahlian khusus

3. CV Profesional

Jenis profesional ditujukan kepada seseorang yang sudah memiliki jam terbang tinggi dan memiliki pengalaman kerja secara profesional. Adapun data yang dituliskan seperti berikut.

  • Data diri
  • Riwayat pendidikan
  • Pengalaman kerja
  • Keahlian yang dimiliki
  • Prestasi selama bekerja
  • IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)
  • Referensi kerja

Cara Membuat CV Lamaran Kerja Yang Menarik

Cara membuat cv lamaran kerja yang menarik

Ada beberapa cara membuat CV lamaran kerja yang menarik, namun tidak semua orang bisa menyusun tata letak atau melakukan teknik penulisan bahasa yang baik. Terlepas apapun jenis pekerjaan yang akan dilamar, pembuatan CV memang membutuhkan skill tersendiri agar terlihat menarik dan nyaman dibaca.

Lantas bagaimana cara membuat CV yang baik ? Lamaran kerja bisa dibilang menarik, apabila tata letak tidak membingungkan, serta bahasa yang digunakan baku. Dan yang terpenting simpel tidak bertele – tele. Berikut contoh penulisan CV lamaran kerja yang baik.

1. Posisikan Data diri Pada Header

Dalam struktur Curriculum Vitae, informasi pribadi adalah hal yang wajib. Umumnya kita mencantumkan nama, alamat, nomor telepon dan email. Posisikan data pribadi di bagian atas (header), sebab informasi ini yang dibutuhkan pertama kali HRD dalam mengenal identitas pelamar kerja.

Baca Juga:  √ 3 Cara Mengatasi Microsoft Word Not Responding, 100 % Work!

Gunakan ukuran font lebih besar dari teks lainya, namun tidak berlebih. Idealnya jika ukuran font paragraf 13px maka info pada header bisa menggunakan 15px. Biasanya penempatan yang pertama ialah nama, diikuti alamat, nomor telepon dan email. Usahakan jangan menambahkan info yang tidak perlu.

2. Buat Summary Dengan Baik

CV Summary atau ringkasan umumnya menjelasan tentang perjalanan karier. Namun bisa disesuaikan mengikuti riwayat masing – masing personal, contohnya riwayat magang atau perjalanan pendidikan. Jika kamu seorang profesional, usahakan tulis perjalan kerja yang masih berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Namun jika kamu seorang pemula (Non Pengalaman) buat informasi senatural mungkin.

Posisikan ringkasan ini tepat dibawah header setelah (data diri). Pasalnya setelah informasi pribadi telah diketahui, CV Summary berperan sebagai narasi sebelum HRD mulai membaca data inti pengalaman kerja.

3. Jalin Keterkaitan Work Eksperience

Setelah sebelumnya melewati ringkasan pengalaman, saatnya buat isi terpenting “work eksperience” atau pengalaman keja. 80% pihak perusahaan akan mengutamakan orang yang sudah berpengalaman. Maka jika kamu melamar pekerjaan sebagai penulis, pilih dari sekian pengalaman kamu yang paling relevan untuk dicantumkan pada halaman ini.

Begitu juga bagi kalian yang non pengalaman atau fresh graduate. usahakan ada keterkaitan jurusan atau keahlian khusus yang sejalan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Dengan begitu potensi diterima akan jauh lebih besar.

Cara Membuat CV Lamaran Kerja di Word

    cara membuat cv lamaran kerja di word

  • Buka microsoft word pada laptop atau komputer, setelah terbuka kemudian pilih menu “File”.
  • cara bikin cv di word

  • Selanjutnya pilih menu “New” maka akan menampilkan beberapa template yang bisa kalian gunakan. Lalu pilih “Resumes and Cover Letters”.
  • cara buat cv menggunakan word

  • Pilih salah satu gaya template CV yang menurut kamu menarik, kemudian klik “Download” yang terletak dibawah preview template tersebut. Terakhir edit dan bikin CV semenarik mungkin.
Baca Juga:  √ 5 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Paling Mudah

Jika kalian bikin CV melalui word dengan menggunakan template bawaan mungkin terkesan monoton dan kurang menarik. Padahal surat lamaran kerja yang baik akan menambah nilai plus bagi kamu, pasalnya hasil CV yang kamu ajukan bisa dijadikan ukuran tingkat keprofesionalan dimata Hrd.

Lalu seperti apa contoh CV yang baik dan benar ? Jangan kuwatir, pada kesempatan ini bang jaka akan sedikit menampilkan salah satu contoh CV yang terbaik dan layak untuk direkomendasikan.

Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik

Setelah panjang lebar memahami desain Curriculum Vitae yang menarik, tentu kalian memerlukan contoh CV yang sudah jadi untuk mempermudah proses pembuatan. Kali ini saya tidak hanya membagikan contoh semata, melainkan template CV terbaik secara gratis yang bisa kamu edit sesuka hati.

Contoh cv lamaran kerja yang menarik

Kelebihan template ini yaitu sangat simpel dan tentunya menarik. Sekilas juga menunjukan bahwa kamu adalah seorang profesional. Penasaran ? silahkan download template CV lamaran kerja pada menu dibawah.

Templat CV Lamker
Rating | 4,5

Perlu diketahui, format file tersebut menggunakan Microsoft PowerPoint agar lebih memudahkan kalian memahami cara bikin CV. Didalam file terdapat juga panduan cara membuat CV yang menarik, jadi kalian tidak perlu kawatir.

Penutup

Membahas cara membuat CV memang akan memerlukan waktu yang cukup lama, pasalnya kita harus tahu dari mulai struktur utama, cara penulisan sampai cara mengirim CV lamaran kerja lewat email. tentu itu membutuhkan rangkain yang panjang.

Tapi saya harap dari penjelasan singkat diatas semoga kalian bisa bikin CV sendiri dengan template yang sudah dibagikan. Jika ada yang ingin ditanyakan jangan ragu berkomentar yah. Mungkin sekian pembahasan cara bikin CV dari bang jaka, semoga berhasil !