Cara Membuat Link WhatsApp, Tanpa Nomor Bisa Langsung Chat

Begini cara membuat link whatsapp bitly agar orang di instagram atau facebook bisa langsung chat tanpa menyimpan nomor.

Peran media sosial dalam membantu bisnis jual beli atau olshop memang sangat berpengaruh, maka dari itu berilah kemudahan pada setiap konsumen. Salah satunya dengan cara membuat link whatsapp yang mengarah langsung ke chat pribadi tanpa harus menyimpan nomor sebelumnya untuk memulai percakapan.

Fitur WhatsApp Link to Chat ini sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis online karena dalam satu klik kita bisa mengirim pesan langsung melalui whatsapp. Anda bisa mencantumkan link wa pada setiap postingan facebook atau di bio instagram untuk info lebih lanjut terkait bisnis yang anda jalankan.

Biasanya link yang berhasil dibuat harus dipersingkat menggunakan short url seperti Bitly, proses ini perlu dilakukan apabila kamu menambahkan kata – kata otomatis pada link whatsapp tersebut agar terlihat lebih profesional.

Disini bang jaka akan membagikan sedikit tips cara membuat link wa me untuk meningkatkan penjualan bisnis online kalian, jangan kuwatir ini sangat mudah dilakukan sendiri.

Cara Membuat Link WhatsApp

Untuk membuat link menuju chat whatsapp tanpa menyimpan nomor yang bisa dibagikan ke beberapa media sosial seperti Facebook dan Instagram ada beberapa langkah yang harus dilakukan, antara lain sebagai berikut.

  1. Pilih Link WhatsApp
  2. Edit Link dan tambahkan nomor tujuan
  3. simpan atau salin link
  4. Link whatsapp siap digunakan

Sebelum mulai membahas cara membuat link whatsapp, ada 3 (tiga) jenis link yang bisa kalian buat contohnya dengan memanfaatkan shortener link untuk menambah kesan profesional pada link wa yang berhasil dibuat maupun menambah kata – kata otomatis tertentu.

Baca Juga:  √ 5 Aplikasi Jual Pulsa Termurah dan Terbaik Saat Ini

Silahkan pilih sesuai kebutuhan, berikut ini tiga cara membuat link whatsapp langsung ke chat pribadi tanpa menyimpan nomor.

1. Link WhatsApp Default

Membuat link to whatsapp chat ini triknya gampang, Kamu bisa membuatnya sendiri dengan memasukan no telepon pada shortlink whatsapp. Lalu implementasikan ke Facebook, Instagram, Blog, toko online serta lain sebagainnya. Yang perlu kalian catat yaitu no telepon wajib memakai kode internasional.

Indonesia sendiri memakai kode “62”, kode telepon ini berguna untuk mengganti angka “0” yang biasanya ada diawal nomer telepon. Penulisan nomor juga tidak boleh mengandung “spasi” atau “simbol” karena tidak akan terdeteksi oleh server api.whatsapp sebagai nomor yang valid.

Ini adalah contoh link WhatsApp yang valid :

https://wa.me/Nomorhandphone
https://api.whatsapp.com/send?phone=Nomorhandphone

Masukan nomor handphone kalian tepat dibelakan Url tersebut, jika nomor anda adalah “081803526690” maka ganti angka “0” dengan kode internasional indonesia yaitu “62”

Maka hasilnya akan menjadi “6281803526690”, tambahkan nomor tersebut pada contoh link yang valid diatas. Sehingga link wa anda akan menjadi seperti dibawah

https://wa.me/6281803526690
https://api.whatsapp.com/send?phone=6281803526690

2. Link WhatsApp Dengan Kata – Kata

Berbeda dengan cara membuat link whatsapp sebelumnya, cara ini memungkinkan kamu menambahkan kata – kata tertentu agar orang yang memulai chat, text akan terisi otomatis sesuai yang kamu tetapkan.

Baca Juga:  √ Cara Menghilangkan Tulisan di Foto Paling Mudah

Untuk menambahkan text otomatis, berikut adalah kode yang perlu kalian perhatikan sebelum memodivikasi link whatsapp default.

  • ?text= (Kode penambahan Text)
  • %20  (Untuk menambahkan Spasi)
  • %0A  (Untuk mengganti Baris atau Enter)

Selanjutnya edit link dengan menambahkan kata yang diinginkan. Sebagai contoh bang jaka akan menambahkan kata – kata yang tidak memerlukan enter atau baris baru seperti dibawah ini kedalam link whatsapp.

Hai kak, saya ingin membeli sesuatu.

Disini bang jaka menggunakan contoh link wa.me yang akan digunakan, maka hasilnya seperti ini

https://wa.me/6281803526690?text=Hai%20kak,%20saya%20ingin%20membeli%20sesuatu.

Berikutnya kita coba dengan kata yang memerlukan Enter dalam penulisanya, misalnya text input seperti ini.

Email: [email protected]

Nama: Auliya

Alamat: Pemalang

Maka edit link whatsApp menjadi seperti ini:

https://wa.me/6281803526690?text=Email:%[email protected]%0ANama:%20Auliya%0AAlamat:%20Pemalangcode-box

3. Link WhatsApp Bitly

Cara membuat link whatsapp di bitly sebenarnya sama saja dengan cara diatas. Bitly adalah alat untuk memperpendek URL atau yang sering kita sebut shortener link, fitur ini memungkinkan kalian menyingkat sekaligus mengubah bentuk link agar lebih mudah diingat dan menambah kesan profesional terhadap calon konsumen.

Sebelum mulai pastikan kalian sudah menyimpan link wa yang berhasil dibuat sebelumnya, jika sudah siap silahkan simak langkah – langkah berikut.

cara membuat link whatsapp bitly

  • Buka situs bitly pada browser
  • Masukan Link wa pada kolom
  • Lalu pilih tombol “Shorten”

Pada tahap ini kalian berhasil membuat link whatsapp bitly. Copy link yang berhasil dibuat dan bagikan di bio Instagram atau Facebook.

Baca Juga:  √ Cara Unlock Bootloader (UBL) Hp Xiaomi Cepat dan Mudah

Anda juga bisa mengubah link agar mudah diingat dengan menggunakan fitur custom bitly, tetapi untuk memakai fitur tersebut anda diwajibkan mendaftar akun bitly terlebih dahulu. Silahkan login menggunakan akun google, twitter atau facebook dan mulai ulang pembuatan link bitly.

a. Buat Link

buat short link bitly

Setelah kamu berhasil mendaftar di bitly selanjutnya mulai membuat link custom whatsapp. Pilih tombol “Create” untuk memulai.

b. Short Link WhatsApp

membuat shortlink whatsap bitly

Ketika sebelumnya anda memilih tombol “Create” akan muncul kolom short URL. Masukan link whatsapp kedalam kolom yang tersedia, lalu klik “Create”.

c. Custom Link WhatsApp

cara custom link whatsapp bitly

Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman customisasi, pada kolom “Title” isi sesuai keinginan. Anda bisa merubah link whatsapp bitly dibagian kolom “Customize Back-Half” ganti sesuai nama produk atau olshop kamu terlihat profesional, kemudian klik “Save”.

d. Simpan / Copy Link

salin link whatsapp bitly

Setelah berhasil dibuat, silahkan simpan atau copy link whatsapp tersebut untuk dibagikan di beberapa media sosial yang kamu inginkan.

Penutup

Nah, itulah cara membuat link WhatApp versi bang jaka, mudah bukan?

Link tersebut sangat bermanfaat bagi kamu yang menjalankan bisnis online (olshop), kamu bisa membagikan disetiap postingan facebook atau di bio instagram sehingga pelanggan bisa langsung chat tanpa menyimpan nomor terlebih dahulu.

Sharing yuk pengalaman kamu mempraktekan tutorial ini di form komentar, agar bersama kita ciptakan konten yang berkualitas.