Tips dan cara jualan di shopee

Cara jualan di shopee yang harus diketahui bagi pemula dan tips membangun toko online agar cepat laku. Berikut langkah - langkahnya.

Hadirnya marketplace (toko online) memang menghapus batasan jarak antara penjual dan pembeli, keduanya bisa bertransaksi tanpa harus bertatap muka secara langsung karena proses pemesanan dan pembayaran dilakukan secara online.

Selain tokopedia dan bukalapak, shopee adalah salah satu marketplace yang menarik banyak konsumen di indonesia. Tidak heran jika banyak orang berlomba - lomba menjual berbagai macam barang disana, dengan harapan jualanya laris manis.

[ads id="ads1"]

Metode berjualan di Shopee saat ini menjadi opsi yang tepat. Alasannya, total pengunjung situs Shopee di kisaran puluhan juta per bulan. 
Lantas bagaimana cara jualan di shopee yang baik dan benar bagi pemula ?


Cara Jualan di Shopee

Membuka toko online memang menjadi bisnis alternatif, pasalnya menjadi seller tidak harus mempunyai stok barang alias tanpa modal dengan memanfaatkan fitur dropship yang tersedia di semua marketplace tak terkecuali shopee.

Cara jualan di shopee sangat mudah, yaitu dengan membuat akun toko dan lengkapi semua informasi yang sekiranya penting bagi calon pelanggan agar terlihat profesional dan meyakinkan.

1. Mendaftar Akun Shopee

Sebelum membuka toko, kamu perlu membuat akun shopee terlebih dahulu. hanya menggunakan E-mail aktif dan nomor hp kalian bisa mendaftar account personal.
Pendaftaran bisa dilakukan melalui aplikasi shopee yang bisa di unduh di playstore atau app store.

2. Membuat Toko

Lengkapi informasi akun seperti foto profil, alamat dan menyambungkan data rekening pribadi, selanjutnya mulai membuat toko, buatlah selengkap mungkin dengan deskripsi yang jelas. Kualitas gambar produk juga harus di perhitungkan untuk menarik minat pembeli.

3. Tambahkan Produk

Jika sudah mempunya akun toko hal terpenting ialah menambah daftar produk yang akan di jual, ini bisa dilakukan melalui aplikasi shopee. Pastikan memilih kategori yang relevan sehingga mudah ditemukan dalam pencarian.


Tips Berjualan di shopee

Dalam dunia bisnis jual beli banyak strategi yang harus kalian pahami demi mencapai tingkat penjualan tertentu. Tidak jarang orang yang mencari cara berjualan di shopee agar cepat laku, ini membuktikan teknik marketing sangat berpengaruh dalam menentukan hasil.

Berhubungan dengan itu, tips berjualan di shopee bagi pemula berikut ini bisa menjadi dasar referensi dalam mengembangkan toko online yang kalian kelola.

1. Pemilihan Produk

Sebelum terjun kedalam bisnis online, ada baiknya perbanyak survey. Amati secara berkala, produk yang banyak dicari, hal ini bisa disimpulkan dengan melihat jumlah barang - barang yang terjual di marketplace manapun.

Dengan mengetahui perilaku dan kebutuhan konsumen, tokomu akan lebih potensial meraih keuntungan. Tips pemilihan produk ini sangat penting bagi pemula demi mendongkrak popularitas.

2. Tingkatkan Respon

Posisikan dirimu sebagai pembeli sebelum menjadi penjual, Bisa dipastikan buyer tidak menyukai respon yang lambat. Sebagai pelayan, terkadang harus secepat robot untuk mengikat calon pelanggan.

Berikan pelayanan yang tanggap, karena 80 % buyer cenderung lebih sering membeli barang di toko langgananya. Hal tersebut membuktikan bahwa sebagian orang enggan mencoba seller lain yang belum jelas kredibilitasnya.

3. Kelompokan Barang Sesuai Kategori

Navigasi itu sangat penting, pasalnya mempermudah calon pembeli menemukan barang, bayangkan jika kamu hendak mencari sesuatu di toko namun susah banget dicari.

Apa kalian rela menghabiskan waktu lebih lama untuk menemukan produk yang belum pasti ada ?

Saya yakin peluang pengunjung meninggalkan toko tersebut lebih besar dari pada muter - muter tanpa kepastian. Berbeda dengan toko offline, kalian bisa bertanya langsung dengan pelayan terkait produk yang dicari.

Untuk meminimalisir hal tersebut, bangun navigasi yang relevan dengan mengelompokan jenis barang sesuai kategori agar mudah ditemukan.

4. Buat Tampilan Toko Menarik

Siapa bilang tampilan tidak harus di perhitungkan dalam membuat toko online, tampilan yang menarik akan membuat pengunjung penasaran isi toko secara spontan. Ini bisa di kategorikan jatuh cinta pada pandangan pertama, karena timbulnya rasa keingintahuan dari pertama memandang.

Untuk menerapkan teknik ini memerlukan skill, maka keahlian masing - masing seller yang akan menentukan hasil akhir. Secara umum, usahakan desain thumbnail  toko dan produk unik sehingga menjadi ciri khas tokomu.

5. Perbanyak Jenis Produk

Secara teknis toko online yang baru dibuat sangat sulit ditemukan pada hasil pencarian produk, pasalnya pada aplikasi E-commerce seperti Shopee, Tokopedia atau Bukalapak menggunakan history pengunjung atau cookie dalam menampilkan produk di halaman beranda mereka.

Reputasi toko juga menjadi faktor barang yang tampil di hasil pencarian, itu alasanya kenapa setiap kalian mencari produk di dominasi toko yang berlebel "Star Seller" atau produk yang laris terjual.

Dengan menerapkan tips menambah jumlah produk akan menambah peluang tokomu ditemukan karena mengandung banyak kata yang mungkin relevan bagi calon pembeli.

6. Aktifkan Fitur Promo dan Gratis Ongkir

Untuk mencapai popularitas kita perlu meningkatkan jumlah penjualan, bukan cuma itu perhitungkan pelayanan agar mendapatkan ulasan baik di setiap barang yang terjual. mengaktifkan berbagai promo juga cara terbaik mendatan gkan pembeli, terlebih mendukung fitur gratis ongkir.

Semua tips tersebut bisa menunjang kemajuan tokomu dalam jangka panjang, pasalnya kebanyakan orang mencari barang dengan harga murah namun kualitas dan pelayanan baik.

7. Mendukung Semua Metode Pembayaran

Kemudahan dalam membayar juga mempengaruhi buyer dalam menentukan pilihan, terkadang tidak semua pembeli memiliki rekening bank, jadi pastikan kamu menyediakan semua metode pembayaran seperti Cash On Delivery (COD).

Selain menggunakan metode tersebut kalian juga wajib support Shopeepay untuk mendukung check out yang lebih cepat, dengan harapan mendapat predikat credible dan terkesan profesional.


Akhir Kata

Nah, itulah tips dan cara jualan di shopee bagi pemula, mungkin masih banyak yang harus dipelajari terkait teknik yang lebih mendalam. Namun saya rasa itulah hal dasar yang harus kamu pelajari terlebih dahulu sebelum mempelajari teknik marketing profesional.

Dengan membaca artike singkat ini semoga usahamu akan mencapai di titik terbaik dan bisa bertahan dalam jangka panjang.
Baca Juga

Post a Comment

Kritik Lebih Berarti Dibandingkan Spam !