Cara Cek Tagihan Listrik Langsung dari Hp (PLN Online)

Begini cara cek tagihan listrik PLN secara online langsung dari hp. Dengan menggunakan koneksi internet semua riwayat pembayaraan bisa dipantau penuh.

Setelah beberapa bulan lalu listrik digratiskan, mungkin banyak yang bertanya kapan tagihan listrik kembali dikenakan tarif normal. Bahkan ada juga yang khawatir dan berulangkali mengecek tagihan listrik mengantisipasi habisnya masa penggratisan.

Namun semua alasan tersebut tidak harus menjadi dasar mempelajari cara cek tagihan listrik, karena tergolong kebutuhan pokok semua orang wajib tau caranya, guna mengetahui berapa biaya atau riwayat pembayaran bulan lalu.

Mengetahui biaya dari awal juga sangat bermanfaat untuk lebih siap dalam jumlah dana yang harus dikeluarkan ketika akan membayar di loket pembayaran, namun sebelum lanjut sebaiknya simak cara mendaftar di situs pln berikut ini.

Cara Mendaftar PLN Online

Untuk mengecek tagihan listrik secara online kita diwajibkan mempunyai smartphone yang terhubung ke internet, guna mengakses situs PLN ONLINE dan mengetahui histori tagihan bulan lalu maupun saat ini.

Baca Juga:  Cara Cek KK (Kartu Keluarga) Secara Online, Berikut Faktanya

Namun untuk melakukan hal itu kamu diwajibkan mendaftar di situs pln, Berikut ini cara mendaftar pln online melalui hp tanpa aplikasi.

  1. buka browser chrome dan kunjungi https://layanan.pln.co.id
  2. Terdapat pilihan ” Info Tagihan Listrik / Pembelian Token ” klik untuk melanjutkan
  3. Selanjutnya klik ” Daftar “

Pada tahap ini kamu akan diminta mengisi Nama, Email, ID Pelanggan / No. Meter dan Nomor Hp, silahkan isi dengan benar dan pastikan email kamu aktif untuk tujuan konfirmasi pengaktifan akun. Jika berhasil dibuat kamu bisa melihat semua informasi terkait rekening listrik sesuai ID pelanggan yang telah di daftarkan. Simak cara cek tagihan listrik online berikut ini:

Cara Cek Tagihan Listrik

Dengan menggunakan Hp kalian bisa memantau perkembangan terkait pemakaian daya serta biaya tagihan sampai 6 (enam) bulan sebelumnya secara lengkap dengan data pendukung.

Baca Juga:  √ Cara Membuat Blog dan Tips Agar Muncul di Google

Sebelumnya untuk mengecek tagihan listrik di aplikasi PLN maupun web pln online kita cukup memasukan ID pelanggan, namun seiring kelengkapan informasi yang ditampilkan kita diwajibkan mendaftar atau membuat akun terlebih dahulu. Berikut ini cara cek tagihan listrik online atau lewat internet versi bang jaka.

1. Login di Situs PLN Online

Cara cek tagihan listrik

Siapkan hp kalian dan buka browser chrome, lalu masukan alamat https://layanan.pln.co.id dan pilih “Informasi tagihan listrik / Pembelian token

Jika sebelumnya kamu telah mengikuti cara mendaftar akun pln online di atas, maka langkah selanjutnya login menggunakan email dan kata sandi yang telah dibuat.

2. Masuk Halaman Riwayat Tagihan Listrik

cara cek tagihan listrik online

Setelah kamu berhasil masuk, ada beberapa halaman yang bisa diakses diantaranya informasi pelanggan dan riwayat tagihan. Semua data terkait tagihan selama 6 (enam) bulan terakhir bisa dipantau penuh disini.

Baca Juga:  Cara Membuat Makalah Yang Baik Untuk Tugas Sekolah

Nah, begitulah cara mengecek tagihan listrik online melalui Hp tanpa aplikasi apapun, kalian hanya diperlukan mendaftar dan selanjutnya bisa memantau sepenuhnya terkait tagihan listrik rumah kamu.

Manfaat Mengecek Tagihan Listrik Online

Mungkin saat ini masih banyak orang yang melihat riwayat tagihan listrik menggunakan struk pembayaran sebelumnya, Namun seiring kemajuan teknologi semuanya bisa dilakukan secara online, yang artinya kamu bisa melakukanya dimanapun, kapanpun tanpa harus membawa selembaran kertas yang merepotkan.

Disisi lain juga meminimalisir hilangnya dokumen tersebut karena data tersimpan rapi secara online. Berbeda jika kamu menyimpan selembar kertas yang rentan kehilangan atau mungkin rusak.

Kesimpulanya mengecek tagihan istrik secara online jauh lebih praktis dan pastinya sangat memudahkan.

Bagaimana pendapatu ?
Apa kamu sudah paham cara cek tagihan listrik online ?
Jika belum, jangan malu untuk bertanya di from komentar !