cara cek imei kemenperin

Cara cek imei berguna untuk mengetahui hp android maupun iphone kamu terdaftar di kemenperin sebagai hp ilegal (black market) atau legal (resmi) pastikan cek imei saat membeli hp baru maupun second.

Sebelumnya memang sempat tercuat kabar akan adanya pemblokiran hp ilegal atau black market yang masuk ke pasar indonesia, namun berita ini sudah kembali meredup mengingat tidak adanya klarifikasi pihak kemenperin terkait masalah pemblokiran hp black market melalui imei.

Tapi tidak ada salahnya kita sebagai konsumen mengantisipasi hal tersebut dengan cara cek imei hp sebelum membeli agar tidak salah beli ketika hendak mengganti hp baru. Ini bisa diterapkan pada semua jenis merek handphone tidak terkecuali iphone.

[ads id="ads1"]

Dengan menggunakan International Mobile Equipment Identity (IMEI) kita bisa langsung mengetahui hp tersebut resmi atau ilegal dengan cara cek imei di situs kemenperin, jika seri tidak terdaftar itu tandanya termasuk hp black market alias ilegal dan sebaliknya.

Pada tutorial kali ini bang jaka akan membagi cara mengetahui imei hp resmi menjadi 3 (tiga) langkah disesuaikan jenis handphone antara lain android dan iphone. Simak langkah berikut ini


1. Cara Cek Imei Iphone

Sebenarnya teknik pengecekan imei pada setiap jenis hp tergolong sama, namun hanya jumlah opsi yang memudahkan pengguna perihal cara cek imei, di hp iphone misalnya, cara termudah mengetahui nomor imei yaitu dengan cara sebagai berikut.

cara cek nomor imei hp iphone
Gambar oleh : iphone-tricks.com

  • Masuk ke menu "Setting"
  • Pilih "About"
  • Maka nomor "Imei" akan muncul pada daftar tersebut


2. Cara Cek Imei Android

Pada hadphone berbasis android kamu mempunyai cukup banyak opsi untuk mengecek nomor imei yang terdaftar pada hp kalian, cara yang sering dilakukan untuk cek imei pada hp android yaitu sebagai berikut.
cara cek imei hp samsung
  • Pilih pad panggilan
  • Ketikan *#06#
  • Otomatis nomor imei akan muncul

Nomor imei yang muncul menyesuaikan jumlah simcard yang terdapat pada perangkat, artinya jika hp kamu mendukung dual sim, 2 (dua) nomor imei akan muncul sesuai kartu yang kamu pakai.

Nah, langkah selanjutnya untuk mengetahui handphone tersebut legal (resmi) atau ilegal (black market) kamu cukup mengecek seri imei tersebut pada situs resmi yang disediakan kemenperin dalam memerangi hp ilegal, simak langkah terakhir beriut ini.


3. Cara Cek Imei di Kemenperin

Untuk proses pengecekan keresmian handphone sebelum kita beli, situs imei.kemenperin.go.id bisa menjadi alat untuk membedakan golongan black market maupun resmi dengan cara cek imei di kemenperin.

Kementerian perindustrian atau yang sering kita sebut kemenperin selaku pengelola sektor perindusterian di indonesia bertekat mentiadakan peredaran handphone ilegal, dengan cara memblokir seluruh imei perangkat yang tidak terdaftar pada database setelah berlakunya aturan tersebut. Namun bagi imei hp yang tidak terdaftar sebelum peraturan ini diberlakukan akan tetap aktif dan  bebas dipakai guna membantu ketidak tahuan masyarakat atas hal ini.

Nah, guna mendukung pemerintah daam memerangi peredaran handphone black market kita musti selektif sebelum membeli hp, terkait itu baru maupun second agar tidak terimbas pemblokiran. Berikut cara membedakan hp resmi dan ilegal
cara cek imei di kemenperin
  • Buka browser pada hp kalian
  • Pergi ke alamat imei.kemenperin.go.id
  • Masukan nomor "Imei" pada kolom pencarian
  • Klik Enter / Cari
Nah, jika muncul notifikasi nomor imei terdaftar berarti handphone kamu resmi dan sebaliknya. Itulah langkah - langkah cara cek imei agar terhindar dari hp palsu versi bang jaka, semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian, ayo kita perangi pasar gelap smartphone dengan membagikan informasi ini ke teman terdekatmu, terimakasih.

Baca Juga

Post a Comment

Kritik Lebih Berarti Dibandingkan Spam !