4 Tips dan Cara Menabung Yang Efektif Versi Anak Milenial

 

Cara menabung paling efektif dan tips menabung di bank versi milenial dengan berbagai manfaat menabung langsung dari hp.

 

Kemudahan dalam berbelanja yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun melalui smartphone, secara tidak langsung melatih diri kita terhadap pola hidup yang boros, karena sistem toko online telah di rancang sedemikian rupa agar user terus terpancing melakukan transaksi.

Biasanya diskon atau promo besar digunakan sebagai senjata untuk memancing orang berbelanja, namun ada juga sistem bonus bersyarat yang menawarkan keuntungan dalam rentan waktu tertentu.

Itu semua termasuk teknik marketing yang sangat hebat, sebab kita dipaksa tanpa merasa terpaksa untuk melakukanya. Maka dari itu masih banyak orang yang kesulitan untuk menabung, kita harus tau tips menabung yang efektif agar kebiasaan berbelanja tidak mengorbankan keinginan besarmu.

Tips Menabung

Gaya hidup merupakan faktor yang sangat berpengaruh perihal menabung, rencanakanlah dan mulai membiasakan menabung uang walaupun dimulai dari nominal kecil, karena perlahan akan menumbuhkan kebiasaan dari dalam diri tanpa menekan langsung finansialmu.

Tolak ukur agar sukses menabung tanpa menjadi beban adalah pemasukan atau pendapatan bulanan, jadi jangan menyisihkan uang dengan jumlah besar, sebab bisa menjadi beban ekonomi sehingga suatu saat tabungan yang kamu miliki menjadi sasaran untuk menutupi kebocoran tersebut.

Berikut ini tips menabung yang menyenangkan agar terhindar dari kebocoran finansial dalam kehidupan sehari – hari

1. Kekuatan Uang 10.000

power of rupiah

 

Saya yakin banyak orang tidak terlalu bermasalah jika kehilangan uang dengan nominal 10.000, tips menabung dengan pecahan sepuluh ribu bisa kamu terapkan dengan rentan waktu yang disesuaikan.

Jika kamu pelajar atau kepala rumah tangga sekalipun mungkin sering menemukan pecahan tersebut, sisihkan untuk tabungan dan biasakan hal tersebut. Entah itu saat mendapat kembalian jajan maupun uang belanja.

Jika rata – rata dalam sehari kamu menabung sepuluh ribu maka dalam satu bulan akan terkumpul 300.000 dan setahun bisa mencapai 3.600.000 tanpa merasa terbebani.

2. Pangkas Uang Bulanan

atur uang bulanan

 

Menabung bukan hanya menyisihkan uang sisa belanja, memotong uang bulanan adalah cara paling efektif untuk orang yag loyar dalam pengeluaran. Pasalnya menyisihkan sebagian uang bulanan sebelum digunakan salah satu cara paling ampuh untuk memulai menabung.

Baca Juga:  √ Ini Penyebab dan Cara Mengatasi BRImo Tidak Bisa Login

Agar berjalan dalam jangka panjang sebaiknya menggunakan jasa bank sehingga uang bisa terkumpul secara maksimal, Mungkin bank btpn bisa menjadi rekomendasi perihal menabung karena telah tersedia aplikasi jenius yang bisa membantu dari mulai pembuatan rekening sampai bembuatan kartu atm.

Untuk membuat tabungan di jenius kamu tidak perlu keluar rumah selangkahpun, hanya melalui smartphone kamu bisa membuat rekening dan tabungan tanpa mendatangi kantor cabang terdekat, untuk tahu lebih lanjut bisa mebaca artikel jenius btpn yang sebelumnya kami tulis.

3. Persatuan Uang Logam

manfaat uang logam

 

Uang receh bisa dibilang pecahan uang yang tidak mempunyai nilai, itu sebabnya terkadang kita banyak menjumpai uang logam berserak dijalanan seakan tidak memiliki nilai sama sekali. Jika kamu termsuk orang yang susah menabung, mengupulkan uang logam adalah cara efektif untuk dijadikkan pelatihan menabung.

Sesuatu yang besar umumnya diawali dari hal kecil, manfaatkanlah uang receh untuk melatih kebiasaan menabung agar tertanam didalam diri kita.

4. Hindari Aplikasi Belanja Online

aplikasi belanja online

 

Tantangan terbesar untuk mulai belajar menabung ialah pengaruh aplikasi belanja online, seperti dijelaskan pada awal artikel ini, kemudahan dalam mengakses toko online mempunyai dampak yang sangat besar terhambatnya keinginan menabung.

Survei menyatakan 80 dari 100 orang cenderung terpancing jika menemukan diskon atau potongan harga yang terdapat pada aplikasi belanja online, ditambah adanya tawaran voucher gratis saya yakin keinginan menabung dikesampingkan.

Tidak adanya aplikasi tersebut di hanphone kita bisa meminimalisir rintangan terkait keinginan menyisihkan uang, cobalah dan rasakan dampaknya.

Cara Menabung di Bank

Menabung di bank memang menjadi pilihan kebanyakan orang, selain mendapat keuntungan dari bunga yang didapat, tentunya lebih aman daripada memakai celengan. Disini kami akan merekomendasikan cara menabung di bank tanpa ribet memakai kartu debit jenius dari bank btpn.

Kenapa harus Jenius btptn ?

Karena jenius meudahkan kamu dalam mengatur finansial dengan segala fitur canggih serta keamanan yang terjamin. Proses pembuatan rekening jenius juga tidak perlu mendatangi kantor cabang terdekat, cukup melalui aplikasi jenius kamu bisa membuat rekening secara online dengan proses yang cepat dan tanpa minimum saldo di awal pembuatan.

Baca Juga:  Begini Cara Upgrade OVO Premier Paling Mudah dan Tercepat

Sebelum membahas cara menabung di jenius, silahkan baca artikel “Jenius BTPN Solusi Cara Membuat Rekening Tanpa ke Bank Bebas Biaya Bulanan

Setelah kalian paham bagaimana cara mendaftar di jenius dan apa kelebihan serta fitur yang tersedia, kami anggap kalian sudah memiliki rekening jenius, berikut ini cara menabung di bank jenius by btpn

1. Buka Menu Save It

Save it jenius

 

Sebelum mulai menabung, saldo jenius bisa di isi melalui rekening bca, bri , bni atau lainya dengan mentranfer ke rekening jenius atau bisa setor tunai melalui mesin atm jika lokasi kamu berada di jakarta.

Setalah memilih menu save it, akan ada 3 pilihan untuk memulai menabung yaitu flexi saver, dream saver dan maxi saver. Ketiga jenis tabungan tersebut masing – masing mempunyai fitur dan bunga yang berbeda, silahkan sesuaikan mana yang cocok untuk kamu.

2. Pilih Menu Top Up

Menabung di jenius

 

Setelah menentukan jenis tabungan mana yang paling tepat, klik  ” Lihat Detail ” otomatis akan dibawa ke halaman tabungan yang dipilih, mulai menabung dengan menekan tombol ” Top Up ” dan mulai mengatur berapa nominal uang yang akan dipindahkan kedalam tabungan tersebut.

Jika berhasil, setiap uang yang ditabungkan akan mendapat bunga sesuai yang ditentukan, bunga akan dihitung setiap hari dan dibayarkan setiap bulan, dengan begitu menabung di jenius adalah cara paling efektif mendapatkan keuntungan berlipat ketimbang menggunakan celengan.

Manfaat Menabung

Menabung bisa membawa ketenangan pikiran, yang mempunyai dampak pada sikap Kamu,” kata Melanie Lockert, penulis Dear Debt serta salah satu pendiri Lola Retreat, retret keuangan individu buat wanita, semacam dikutip dari halaman Varomoney.

 

Kala Kamu mengirit uang, secara tidak langsung Kamu merubah sikap sehingga bisa melindungi masa saat ini dan masa depan ” ucap Lockert.

 

Berikut ini beberapa manfaat menabung diantaranya bisa berpengaruh terhadap emosional seseorang, jadi simak baik – baik dan belajar menabung dimulai dari sekarang.

1. Mengubah perilaku

Manfaat menabung terhadap pikiran memang berdampak signifikan, selain melatih pemikiran jangka panjang juga menimbulkan rasa antisipasi yang kuat terhadap hal – hal yang mungkin terjadi.

Baca Juga:  Jumlah Digit Dan Contoh Nomor Rekening BNI yang Valid

Berfokus pada tujuan jangka panjang membuat pergantian kecil. Bekerja untuk belanja serta menabung merupakan aplikasi selalu dalam memilah kebutuhan daripada kemauan, serta latihan pengendalian diri. Terus berlatih serta belajar mengatasinya, terus menjadi kokoh kendali diri Kamu bersamaan waktu.

2. Meminimalisir Stres

Tekanan pikiran finansial menghabiskan banyak waktu. Tiap ekspedisi keluar rumah hendak berikan ingatan pada keadaan finansial kamu yang kurang baik. Tidak hanya memunculkan ketidaknyamanan tiap hari, tekanan pikiran finansial pula berikan konsekuensi sungguh- sungguh, tercantum tekanan mental, perceraian, serta bunuh diri.

Suatu survei Varomoney baru- baru ini menampilkan betapa tekanan pikiran keuangan nyatanya sangat umum untuk orang di umur 21- an serta 31- an. Lebih dari setengah partisipan survei berkata mereka merasakan tekanan pikiran finansial tiap hari. Dari mereka yang hadapi tekanan pikiran finansial secara reguler, 34% kehabisan satu jam ataupun lebih dari waktu tidur tiap malamnya.

Cobalah mulai dengan melacak pemasukan serta pengeluaran kamu. Dari data ini, kamu setelah itu bisa menyesuaikan pengeluaran kamu dengan pendapatan sekalian mengatur uang kamu.

3. Tersedia Cadangan Dana

Tabungan kamu berperan bagaikan dana cadangan ataupun dana darurat. Dengan mempunyai dana cadangan, kamu tidak bakal merasa tekanan pikiran serta terbebani saat terjadi sesuatu terkait finansial.

Sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan emosional terjaga, ini salah satu manfaat yang paling utama dari kebiasaan menabung.

4. Bebas Dalam Mengambil Resiko

Kamu bakal mempunyai lebih banyak ruang membuat keputusan dengan hati- hati serta mempunyai peluang untuk mempunyai lebih banyak opsi, sebab Kamu mempunyai uang tunai yang disisihkan buat digunakan kembali.

Bila kamu kehabisan pekerjaan, kamu mempunyai uang untuk membayar tagihan yang bisa jadi memakan waktu sebagian minggu ataupun bulan dalam menciptakan pekerjaan baru serta menegosiasikan pembayaran.

Jika tidak, kamu bisa jadi merasakan tekanan besar buat menerima tawaran awal yang kamu terima, apalagi bila meketahui dapat melaksanakan lebih baik bila terus mencari.