√ Kelebihan Android 11 Yang Diluncurkan Google

Google resmi meluncurkan android 11 lebih awal, berikut ini kelebihan android 11 dan fitur – fitur OS yang akan disematkan.

Kelebihan Android 11 – Kemunculan android 11 pasti membuat sebagian orang bertanya – tanya tentang kelebihan dan fitur yang ditawarkan google selaku pengembang.

Pada dasarnya pembaruan versi pasti bertujuan untuk menyempurnakan versi sebelumnya dalam segi keamanan maupun fitur antar muka yang lebih mudah digunakan.

Hal ini agar keamanan penggua lebih terjaga dan memaksimalkan mobilitas pengguna yang lebih baik saat mengguakan program tersebut.

Kekurangan dan Kelebihan android 11

Kelebihan Android 11

Google menawarkan banyak fitur pada OS terbaru ini antara lain dukungan jaringan 5G lebih unggul, keamanan privasi lebih terjaga, dan tampilan antarmuka chatting lebih mudah digunakan.

Tidak dipungkiri sistem baru pasti tidak akan 100% lulus dari celah atau bug, jadi bukan tidak mungkin OS android 11 masih terdapat bug yang bisa mempengaruhi kinerja serta kenyamanan pengguna.

Buat kamu yang selalu update versi OS saran saya tahan dulu keinginan itu, tunggu sampai benar – benar sudah banyak yang menggunakan tanpa ada keluhan untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

Baca Juga:  Rahasia Cara Mendapatkan Uang Dengan Cepat dari Internet

Kelebihan Android 11

Pada dasarnya proses pembaruan sebuah program operasi tentu untuk memperbaiki sistem terdahulunya, maka dari itu kelebihan android 11 dituntut harus lebih baik.

Sebelumnya semua pembaruan tersebut telah diumumkan secara resmi oleh Google. Untuk lebih jelasnya, berikut kelebihan android 11:

1. Perubahan Perilaku

Semua aplikasi yang menargetkan berjalan pada sistem android 11 akan mengalami perubahan perilaku serta mendapat pembatasan izin privasi demi menjaga keamanan privasi pengguna.
Berikut perubahan yang ada di OS android 11

Pembatasan API debugging

Android 11 dilengkapi dukungan debugging bertujuan mengidentifikasi aplikasi yang berpotensi JobScheduler API yang telah melewati batas tertentu. Batas ini ditetapkan untuk mencegah terpengaruhnya kinerja penggunaan sah terhadap aktivitas tidak sah dari aplikasi terkait.

Izin Aplikasi Satu Kali

Setiap aplikasi teristall pada android 11 yang meminta izin lokasi, microfon dan kamera sementara akan diberi izin satu kali guna untuk melindungi privasi pengguna. Informasi detail terkait hal ini bisa kalian akses pada halaman developers android google

Baca Juga:  Kode Darurat Hp Xiaomi, Solusi Lupa Pola

Opsi Pembatasan Izin Aplikasi Untuk Pengguna

Saat proses instalasi aplikasi anda akan di minta akses izin aplikasi tersebut terhadap handphone kamu. Jika kamu memilih “menolak” atas izin yang merutmu tidak perlu, otomatis android 11 tidak lagi mengizinkan aplikasi tersebut meminta izin tersebut lagi di kemudian hari. Anda bisa mempelajari kasus ini pada halaman visibilitas dialog izin pada android 11.

Akses Lokasi Latar belakang

Aplikasi yang biasa mengaktifkan akses lokasi pada latar belakang akan tetap diketahui pengguna ponsel pada latar depan atau notifikasi layar. Ini bisa meminimalisir terjadinya pelanggaran privasi pengguna.

Google telah menjelaskan ditail kenapa hal ini dilakukan, silahkan pelajari lebih lanjut tentang pembatasan askses lokasi latar belakang.

2. Kontrol Privasi

Google mengklaim pengguna android 11 akan selalu dijaga keamananya, karena android 11 diciptakan bertujuan menyempurnakan versi terdahulu demi keamanan pengguna dengan meningkatkan transparansi dan kontrol privasi terhadap aplikasi yang terinstall.

Baca Juga:  5+ Rekomendasi Aplikasi Novel Tanpa Koin, Segera Baca!

3. Ikhtiar Fitur dan API

Untuk menjaga keamanan pengguna android 11 beberapa fitur telah terlihat transparant, sehingga dapat dilihat perilaku apa saja yang diakses pada ponsel pintar anda. Fitur tersebut antara lain:

  • Audit akses data
  • Obrolan bubbles
  • Operasi batch file media

Dan masih banyak fitur lainya, kalian bisa pelajari selengkapnya di halaman fitur & API.

Kekurangan Android 11

Pembaruan memang ditujukan untuk perbaikan, namun suatu karya baru pasti ada suatu kelemahan tersendiri. Hal ini biasanya akan diketahui pengembang ketika suatu karya telah diuji coba dalam peredaran luas.

Apakah dari sebagian kalian yang menggunakan android 11 mengalami masalah atau bug ?

Silahkan diskusikan difrom komentar atau langsung melaporkan kelemahan ini  google issue.

Semoga OS android versi 11 bisa menjadikan pengguna lebih aman yang telah dikabarkan oleh google. Dengan menggunakan versi ini kamu tidak lagi takut adanya aplikasi berbahaya terinstall pada handphone kesayangan mu.