Daftar aplikasi bahaya di android

Sebagai pengguna smartphone dengan sistem operasi android kita harus lebih berhati - hati dalam mendownload aplikasi di internet bahkan di google playstore sekalipun. Faktanya google menemukan 10 aplikasi yang terindikasi membahayakan bagi pengguna android.

Kebanyakan aplikasi itu bisa mencuri data pribadi pengguna dan bisa memantau dari jarak jauh. Hal ini sangat menghawatirkan karena sebagian orang tidak sadar atas hal tersebut dan sewaktu - waktu bisa dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab demi kepentingan pribadi atau intelejen.

[ads id="ads1"]

Daftar Aplikasi Berbahaya di Android

Kabar ini memang sangat mengejutkan karena kebanyakan aplikasi yang berbahaya sudah banyak didownload oleh jutaan pengguna android. Berikut ini daftar aplikasi berbahaya yang ditemukan google dan paling banyak digunakan
  1. Sound Recorder
  2. Weather Forecast
  3. Turbo Browser
  4. Hi VPN / Free VPN
  5. File Manager
  6. Super Cleaner
  7. Super Battery
  8. Hi Scurity 2019
  9. Candy Galery
  10. Candy Selfie Camera
Aplikasi tersebut kebanyakan dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal tiongkok yang punya riwayat malware dan praktik tidak etis.

Sejumlah aplikasi meminta izin berbahaya antara lain mengambil gambar, melakukan panggilan telpon, merekam video / audio dan mengaktifkan GPS yang bisa mengetahui keberadaan pengguna secara realtime serta berpotensi merugikan pengguna di masa mendatang dengan sejumlah izin lainya.
    Lantas bagaimana langkah penanganan dan pencegahanya ?

    Siapapun pasti tidak mau privasinya terancam oleh penyusup, jika kamu terlanjur menginstall salah satu aplikasi dari daftar di atas segera uninstall dan reset setelan pabrik hp kalian.

    Jika handphone kalian tidak terdapat aplikasi tersebut bukan berarti kamu aman dari aplikasi jahat atau penyusup. Berikut ini ciri - ciri hp terjangkit aplikasi jahat.

    Ciri - ciri Hp Terjangkit Aplikasi Berbahaya

    Aplikasi virus jahat android
    Untuk mendefinisikan handphone kita terjangkit atau tidak berikut ini ciri - ciri yang umum jika hp terjangkit aplikasi jahat
    • Hp cepat panas
    • Baterai boros
    • Muncul iklan Pop Up
    • Pemakaian data mencurigakan
    • Muncul aplikasi tak dikenal
    • Aplikasi tiba-tiba berhenti
    Dari beberapa kasus mungkin handphone tidak menunjukan sesuatu yang aneh atau mencurigakan walaupun terkena virus atau terjangkit aplikasi jahat, kembali lagi tergantung sipenyusup apa tujuan mereka.

    Agar terhindar dari hal semacam ini perilaku penggunaan smartphone harus dikontrol, misalnya jangan sembarangan mendownload aplikasi yang tersebar di internet dan selalu mengontrol izin aplikasi sebelum kamu menggunakanya.

    Cara Mencegah Penggunaan Aplikasi berbahaya

    Semakin canggihnya teknologi kita harus extra waspada terhadap aplikasi jahat yang berkamuflase demi mencuri data pribadi maupun melancarkan misi intelejen.

    Ada 7 langkah mencagah penggunaan aplikasi jahat antara lain sebagai berikut :
    1. Pastikan mendownload aplikasi dari webstore / website terpercaya
    2. Perhatikan permintaan izin aplikasi ketika menginstall, apakah sesuai dengan kegunaanya
    3. Simak ulasan pengguna sebelum mendownload
    4. Jangan pernah menggunakan aplikasi modifikasi yang tidak jelas asal usulnya
    5. Selalu bekali handphone dengan proteksi antivirus terpercaya
    6. Hindari pemakaian aplikasi VPN yang menawarkan keamanan browsing
    7. Usahakan cek keamanan aplikasi setelah didownload dengan aplikasi Virus Total 
    Stop sembarangan mendownload file apk sembarangan, kita wajib selektif demi keamanan. Semoga artikel ini menambah wawasan kamu dan jika menurut kamu artikel dewacara ini pantas dishare silahkan beritahu teman - teman terdekat kamu.
    Baca Juga

    Post a Comment

    Kritik Lebih Berarti Dibandingkan Spam !